Awang-awang Telomoyo, Spot Baru Tawarkan Hirup Oxigen Mewah

- Sabtu, 22 Mei 2021 | 20:57 WIB
Hamparan alam sekitar dari gardu pandang Awang-awang Telomoyo, destinasi wisata baru yang patut dikunjungi di kawasan Gunung Telomoyo Kabupaten Magelang. (SM/Dok)
Hamparan alam sekitar dari gardu pandang Awang-awang Telomoyo, destinasi wisata baru yang patut dikunjungi di kawasan Gunung Telomoyo Kabupaten Magelang. (SM/Dok)

MAGELANG, suaramerdeka.com - Pengelola kawasan wisata Gunung Telomoyo menambah satu spot foto baru bernama Awang-awang Telomoyo di ketinggian 1.518 mdpl. Awang-awang diluncurkan pada Selasa (18/5) lalu setelah selesai masa penutupan objek wisata di wilayah Kabupaten Magelang selama libur Lebaran.

Pengelola Awang-awang, Mul Budi Santoso menuturkan, spot ini seperti gardu pandang yang terletak di tengah-tengah Gunung Telomoyo. Dari sini, pengunjung bisa melihat empat gunung sekaligus, yakni Gunung Merbabu, Andong, Sumbing, dan Sindoro serta hamparan hutan pinus.

"Konsep Awang-awang melihat pemandangan dan menghirup oksigen mewah," ujarnya.

Spot baru di perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang ini berupa teras kaca 3 x 8 meter untuk melihat pemandangan atau berswafoto. Pengunjung yang naik dibatasi agar leluasa berswafoto dan harus mengenakan sandal khusus agar kaca tetap bersih.

"Harga tiket masuk Rp 15 ribu per orang, sudah termasuk sandal khusus buatan UKM setempat dan bisa dibawa pulang," jelas Budi yang akrab dipanggil Bodrexx.

Dikatakannya, lokasi Awang-awang di kilometer 4 sebelum puncak Gunung Telomoyo yang berjarak tujuh kilometer dari parkiran wisata di Dusun Dalangan, Desa Pandeyan, Kecamatan Ngablak.

Menuju ke sana bisa menaiki sepeda motor atau mobil jeep yang telah disediakan pengelola. Adapun waktu operasionalnya pukul 08.00-18.30.

"Tips mengunjungi Awang-awang harus memakai pakaian hangat karena cuacanya dingin. Lalu, pemandangan terbaik bisa pada bulan Juni-September. Pada empat bulan ini, waktu operasionalnya hingga pukul 20.00," jelasnya.

Sepuluh hari mendatang, ungkap Bodrexx, Awang-awang akan tersedia coffee corner yang menyajikan kopi lokal asal Telomoyo dan makanan ringan seperti timus, gemblong, mendoan dan geplak.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Terkini

Karimunjawa Berbenah, Siap Dibuka Secara Bertahap

Minggu, 19 September 2021 | 16:20 WIB

Berwisata ke Jepara, Jangan Lupa Mampir ke Pantainya

Senin, 13 September 2021 | 12:50 WIB

River Tubing Dibidik Jadi Wisata Andalan Tawangsari

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 21:18 WIB

Persewaan Baju China Laris Manis

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:44 WIB

11 Th Dafam Hotel Management Berkarya

Rabu, 7 Juli 2021 | 22:41 WIB

Proses 30 Jam, Orangutan Lahir di GL Zoo

Selasa, 22 Juni 2021 | 06:26 WIB
X