Agro Wisata Jatirunggo Park Kebun Ngobo Dikembangkan, Sejumlah Sarana Disediakan

- Selasa, 18 Mei 2021 | 07:05 WIB
WISATA: Salah satu wahana unggulan kolam air hangat pengolahan serai wangi Jatirunggo Park, Kebun Ngobo PTPN IX. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)
WISATA: Salah satu wahana unggulan kolam air hangat pengolahan serai wangi Jatirunggo Park, Kebun Ngobo PTPN IX. (suaramerdeka.com / Surya Yuli P)

UNGARAN, suaramerdeka.com - PT Perkebunan Nusantara IX (PTPN IX) Jawa Tengah, mengembangkan Agro Wisata Jatirunggo Park di Kebun Ngobo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang. Berbagai sarana hiburan dan wisata alam, taman bunga, wahana permainan, kuliner, dan lainnya, disediakan di kebun yang memiliki produk unggulan karet, kopi, kakao, pala, serai wangi, dan lainnya tersebut. 

Senior Excecutif Vice President (SEVP) Operation atau Wakil Direktur Utama Bidang Operasional PTPN IX, Dr Budiyono SH MH, mengatakan, Agro Wisata Jatirunggo Park di Kebun Ngobo ini merupakan upaya pengembangan bisnis PTPN IX sebagai anak perusahaan BUMN Holding PT Perkebunan Nusantara III (Persero). Kebun Ngobo Kabupaten Semarang seluas 2.257 Hektare yang terbagi beberapa afdeling (bagian).

Komoditas yang diusahakan di Kebun Ngobo adalah karet, kopi, kakao, pala, serai wangi, kayu-kayuan, dan agro wisata. ''Agro Wisata Jatirunggo Park berada di Afdeling Jatirunggo, Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang dengan konsep taman bunga dan buah-buahan, dilengkapi dengan wahana kolam renang anak-anak dan terapi ikan,'' kata Budiyono didampingi Manajer Kebun Ngobo Tarwo Mugiyono Sp,'' kata Budiyono.  

Desa Jatirunggo pada masa dlalu merupakan areal perkebunan yang sangat terkenal dengan komiditi kakao (cokelat). Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan terhadap potensi alam yang dimiliki, PTPN IX dalam hal ini Kebun Ngobo sebagai pengelola kawasan, mencoba untuk menghadirkan sensasi kembali ke alam.

Berbagai sarana dan fasilitas dihadirkan seperti taman bunga, tanaman buah, jogging track, gasebo, kolam renang anak-anak, kolam terapi ikan, warung kopi dan jajanan, serta lainnya. Berbagai fasilitas umum seperti toilet dan areal parkir yang luas bagi pengunjung, akan mendukung usaha tersebut. Tanaman bunga merupakan areal wajib bagi pengunjung untuk berselfie. 

Manfaat Kesehatan

Ada juga kolam renang anak-anak yang menyajikan sensasi tersendiri, di mana sumber air berasal dari air dari pemisahan pengolahan serai wangi, yang berada di dalam satu kawasan Jatirunggo Park.

''Dari berbagai macam literasi yang diperoleh, air serai wangi sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk pernapasan dapat melegakan pernapasan. Lalu baik untuk kesehatan dan memuluskan kulit tubuh (spa alami), serta sebagai aroma terapi badan sehingga tubuh menjadi segar. Di samping itu, ada juga terapi ikan yang memberikan terapi untuk perbaikan saraf pada kaki dan kulit kaki, sehingga mulus kembali. 

Setelah puas berendam di kolam renang anak-anak dengan sensasi air serai wangi, pengunjung dapat menikmati aneka jajanan dan minuman yang menggugah selera, ada kopi dan teh produk lokal PTPN IX, yaitu kopi banaran dan teh kaligua berkualitas ekspor. Ke depan Jatirunggo Park dapat menjadi destinasi wisata bagi masyarakat Jawa Tengah dengan rencana penambahan outlet pengolahan biji kakao menjadi bubuk cokelat, yang memiliki sensasi dan manfaat edukasi bagi pengunjung.

Halaman:

Editor: Andika

Terkini

Karimunjawa Berbenah, Siap Dibuka Secara Bertahap

Minggu, 19 September 2021 | 16:20 WIB

Berwisata ke Jepara, Jangan Lupa Mampir ke Pantainya

Senin, 13 September 2021 | 12:50 WIB

River Tubing Dibidik Jadi Wisata Andalan Tawangsari

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 21:18 WIB

Persewaan Baju China Laris Manis

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:44 WIB

11 Th Dafam Hotel Management Berkarya

Rabu, 7 Juli 2021 | 22:41 WIB

Proses 30 Jam, Orangutan Lahir di GL Zoo

Selasa, 22 Juni 2021 | 06:26 WIB
X