3 Tips Ajukan KPR agar Tidak Salah Pilih Layanan Bank

- Sabtu, 24 April 2021 | 03:56 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

MEMBELI rumah bagi sebagian membutuhkan kerja keras dan proses yang panjang. Penyebabnya karena harga rumah yang selangit membuat masyarakat harus menabung terlebih dahulu selama beberapa tahun agar bisa membelinya secara cash. Padahal, rumah merupakan salah satu kebutuhan yang wajib dimiliki oleh manusia agar bisa menjalani hidup dengan sejahtera.

Mengetahui hal tersebut, lembaga keuangan, dalam hal ini bank, menawarkan sebuah produk pinjaman untuk memudahkan proses pembelian rumah. Produk pinjaman tersebut dikenal dengan KPR atau kredit pemilikan rumah. Melalui layanan tersebut, masyarakat dapat mengajukan pinjaman untuk membeli rumah dan bisa menempati hunian baru tersebut sembari melunasi cicilannya setiap bulan.

Karena memiliki tenor pinjaman yang panjang, bahkan hingga puluhan tahun, tak ayal KPR mampu membuat proses pembelian rumah semakin terjangkau. Selain itu, jika dibandingkan dengan produk pinjaman lain, suku bunga pada layanan KPR bisa dibilang lebih ringan dan aman bagi keuangan.

Meski begitu, bukan berarti Anda bisa asal memilih layanan KPR tanpa menimbang segala keunggulan dan kekurangannya. Pasalnya, setiap bank pasti memiliki kebijakan dan ketentuan program KPR yang berbeda-beda. Oleh karena itu, agar tidak salah pilih, Anda wajib jeli dalam memilih lembaga keuangan yang menyalurkan program KPR.

Bila perlu, buat daftar lembaga keuangan yang menawarkan layanan KPR di daerah sekitar tempat Anda tinggal dan cari tahu segala hal yang berkaitan dengan layanan tersebut. Agar bisa memilih layanan yang terbaik, berikut adalah 3 tips yang wajib dipertimbangkan sebelum mengajukan KPR.

1. Bandingkan Suku Bunga yang Dibebankan

Seiring berjalannya waktu, program KPR semakin banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karenanya, penyedia layanan tersebut juga terus bermunculan dengan berbagai keunggulan dan keuntungan yang ditawarkan. Yang pasti, saat memutuskan untuk mengajukan KPR, Anda tentu menginginkan layanan yang terbaik dan paling menguntungkan.

Salah satu bahan pertimbangan utama saat akan mengajukan KPR adalah suku bunga yang dibebankan oleh pihak bank. Alasannya karena besarnya bunga yang Anda terima akan mempengaruhi nominal cicilan yang nantinya harus dilunasi setiap bulannya. Berbeda dengan saat mengajukan pinjaman biasa, Anda tidak bisa menurunkan jumlah dana yang dipinjam untuk membeli rumah guna meringankan angsurannya.

Dalam kata lain, memilih layanan KPR dengan suku bunga terendah adalah satu-satunya cara agar keuangan tidak terlalu kewalahan membayar cicilannya. Tidak kalah penting, tanyakan kepada pihak bank mengenai jenis bunga yang ditawarkan. Sebagai contoh, apakah jenis bunga tersebut floating atau fixed.

Halaman:

Editor: Andika

Terkini

Karimunjawa Berbenah, Siap Dibuka Secara Bertahap

Minggu, 19 September 2021 | 16:20 WIB

Berwisata ke Jepara, Jangan Lupa Mampir ke Pantainya

Senin, 13 September 2021 | 12:50 WIB

River Tubing Dibidik Jadi Wisata Andalan Tawangsari

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 21:18 WIB

Persewaan Baju China Laris Manis

Jumat, 13 Agustus 2021 | 20:44 WIB

11 Th Dafam Hotel Management Berkarya

Rabu, 7 Juli 2021 | 22:41 WIB

Proses 30 Jam, Orangutan Lahir di GL Zoo

Selasa, 22 Juni 2021 | 06:26 WIB
X