Airlangga: Vaksin Covid Tiba di Indonesia, Langkah Nyata Tangani Pandemi

9 Desember 2020

Vaksin Covid-19 sudah tiba di Indonesia. Vaksin yang berjumlah 1,2 juta dosis itu mendarat, pada Minggu (6/12) malam sekitar pukul 21.30 WIB, dalam bentuk jadi, siap pakai buatan Sinovac China.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, kedatangan vaksin Covid-19 merupakan langkah nyata pemerintah dalam proses pengadaan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi di Indonesia. "Menerjemahkan pernyataan Bapak Presiden di mana keselamatan rakyat sebagai prioritas utama dalam penanganan Covid-19," kata Airlangga dalam tayangan live yang disiarkan daring dari laman Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (6/12) malam.

Airlangga mengatakan, meski vaksin telah tersedia, bukan berarti vaksinasi bisa langsung dilaksanakan. Vaksin Covid-19 buatan Sinovac itu harus melalui rangkaian tahap evaluasi oleh regulator obat yakni Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan aspek mutu, keamanan, serta efektivitasnya. Selain itu, vaksin juga menunggu fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Airlangga menerangkan, pengadaan vaksin Covid-19 dan program vaksinasi akan dilakukan bertahap. Tenaga kesehatan dan petugas layanan publik menjadi kelompok yang diprioritaskan menerima vaksin ini.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #ingatpesanibupakaimasker #ingatpesanibujagajarak #ingatpesanibucucitangan #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun #SahabatTangguh #BersatuLawanCOVID19

Video Lainnya

\
X