Tips Cegah Tertular Covid-19 dari Anggota Keluarga yang Isolasi Mandiri di Rumah

31 Oktober 2020

Suaramerdeka.com - Orang-orang yang terinfeksi Covid-19 namun hanya mengalami gejala ringan dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun belakangan, Pemerintah menganjurkan agar pasien terinfeksi, baik ringan maupun berat, untuk tak melakukan isolasi di rumah.

1. Isolasi dan ventilasi
Idealnya, pengidap Covid-19 memiliki ruangan dan kamar mandi sendiri untuk meminimalisasi kontak dengan orang lain. Jika ruangan tidak tersedia, mereka harus sebisa mungkin menjaga jarak dengan anggota keluarga yang lain. Utamanya, hal ini perlu diterapkan terhadap orang-orang yang lebih berisiko, seperti orang tua atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah.

2. Kebersihan pribadi
Semua orang di dalam rumah -terutama orang yang terinfeksi Covid-19, harus menerapkan protokol kebersihan yang baik. Selain itu, cuci tangan secara berkala, terutama sebelum makan dan setelah memegang permukaan yang dikhawatirkan terkontaminasi. Cuci tangan menggunakan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, menggunakan sabun atau hand sanitizer dengan kandungan minimal 60 persen alkohol.

3. Hindari berbagi
Demi mengurangi risiko penularan melalui objek terkontaminasi, hindari berbagi barang barang pribadi. Misalnya berbagi perlengkapan mandi, perlengkapan makan, dan lainnya, bersama pengidap Covid-19.

4. Membersihkan permukaan
Permukaan yang telah disentuh pengidap Covid-19 perlu dicuci secara harian menggunakan air sabun hangat, diikuti dengan cairan disinfektan.

5. Merawat pengidap Covid-19
Jika kita merawat seseorang yang terinfeksi Covid-19, pastikan dia mengonsumsi makanan bergizi dan minum cukup air. Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting, terutama jika pasien mengalami demam, demi menggantikan cairan yang hilang lewat keringat. Orang yang terinfeksi virus seringkali merasa kelelahan sebagai respons imun. Oleh karena itu penting untuk meminta mereka banyak beristirahat.

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibupakaimasker

#ingatpesanibujagajarak

#ingatpesanibucucitangan

#pakaimasker

#jagajarak

#jagajarakhindarikerumunan

#cucitangan

#cucitangandengansabun

#SahabatTangguh

#BersatuLawanCOVID19

 

Video Lainnya

\
X