• KANAL BERITA

Simak Beberapa Tips Agar Travelling Berjalan Menyenangkan

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SEKARANG  ini Traveling atau berlibur telah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang, selain melepas penat atau sejenak melepaskan beban pikiran untuk bersenang-senang traveling juga memiliki banyak manfaat yang bisa diperoleh, di antaranya mendapat pengalaman baru dari setiap tempat yang kita kunjungi, mulai dari kondisi daerah, budaya setempat, hingga perilaku masayarakat setempat yang pasti berbeda dan memiliki ciri khas masing-masing yang pasti akan membuka pandangan baru bagi kita.

Tidak semua orang menyukai traveling, bagi mereka yang mencintai keindahan alam traveling menjadi kebutuhan yang cukup penting untuk dilakukan ketika ada kesempatan, namun berbeda dengan mereka yang mungkin kurang paham apa itu treveling dan gimana keasikannya. Ada yang beranggapan bahwa traveling itu menghambur-hamburkan uang, menghabiskan waktu dan ajang pamer-pameran.

Tak masalah bila orang beranggapan demikian, setiap orang itu berbeda, tergantung masing-masing orang dalam  menyikapi segala sesatu. Bagi pecinta traveling, traveling buka hanya kegiatan jalan-jalan, seru-seruan untuk mencapai suatu tempat, namun lebih dari semua itu ada kepuasan tersendiri, rasa nyaman, kesenangan batin, terlebih setiap energi positif  dari pengalaman berharga yang pasti kita dapatkan serta membuat kita lebih bersyukur atas semua nikmat Tuhan atas alam semesta ini.

Nah kali ini ada beberapa tips sederhana agar perjalanan travelingmu lebih mudah dan menyenangkan. Langakah paling utama ketika kita memutuskan untuk melakukan traveling adalah riset terlebih dulu, kita harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat yang akan kita kunjungi, seperti melalui internet atau bisa bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman.

Jangan sampai kita tak tahu apa-apa atau kebingungan saat traveling, hal penting yang harus kita tahu minimal mengenai transportasi menuju kesana, hotel atau penginapan yang disesuaikan dengan budget kita, cuaca maupun kondisi d isana, kuliner atau tempat makan disekitar lokasi dan estimasi waktu agar kita memiliki bayangan ketika sampai disana nanti.

Setelah paham tentang informasi langkah selanjutnya adalah menentkan waktu yang tepat untuk melakukan traveling, carilah waktu yang senggang sehingga bisa santai ketika traveling. Setelah menemukan waktu yng tepat kemudian mempersiapkan segala macam kebutuhan yang kita perlukan, mulai dari pakaian yang cukup, alas kaki yang cocok dengan cuaca, bekal makanan ringan.

Tiga Hal

Seringkali kita tergoda untuk membawa barang-brang yang sebenarnya tidak begitu penting, sebaiknya bawalah barang secukupnya dan yang penting saja, untuk pengemasan barang sebisa mungkin harus ringkas, cukup satu atau maksimal dua tas saja, tak perlu membawa banyak tas yang pasti akan membuat repot perjalanan.\

Setelah mempersiapkan segala hal sebelum melakukan traveling, ada baiknya kita juga memperhatikan tiga hal penting, fisik, waktu dan budget. Fisik artinya kita harus benar-benar memperhatikan kondisi badan kita, pintar-pintarlah dalam menjaga kesehatan selama traveling, jangan sampai tubuh kelelahan,kehausan kelaparan dan terlalu kenyang, hindari memaksakan diri untuk cepat sampai tujuan,melainkan utamakan istirahat selama perjalanan.

Terkait waktu kita harus tepat memilih waktu traveling, waktu yang longgar akan membuat kita lebih nyaman, tidak terburu-buru, mengurangi stress dan kegelisahan selama perjalanan terlebih di waktu liburan panjang, kondisi cuaca juga harus diperhatikan,jangan sampai memaksakan diri untuk tetap traveling saat musim hujan atau cuaca tak mendukung.

Selain itu kita juga harus memiliki bayangan tentang estimasi waktu, tentang berapa lama perjalanan, dan berapa lama kita di sana. Budget menjadi salah satu hal penting saat akan melakukan traveling, baik untuk biaya perjalanan, menginap, makan, memasuki wisata, bahkan untuk oleh-oleh.

Tipsnya lain adalah memilih liburan saat low season yaitu liburan saat musim tidak liburan agar mendapatkan harga yang rendah atau bahkan mendapat harga promo, untuk tempat menginap lebih baik menghindari hotel berbintang, pilihlah hotel yang biasa saja tapi setidaknya bisa digunakan untuk beristirahat nyaman takperlu mewah untuk mengemat budge.

Liburan sendiri memang menyenangkan namun sebaiknya ajak teman kalian agar liburan kalian menjadi lebih murah karena biaya bisa dibagi dan bersama teman pasti akan terasa lebih menyenangkan.terkait makanan, tak perlu makan di restoran mahal, cukuplah makan di tempat sederhana, seperti warteg atau pinggir jalan saja. Selain itu yang terpenting adalah hindari makan di tempat yang tak memiliki daftar harga, karena biasanya harga justru akan dibuat lebih mahal sesuka hati penjual, jadi pastikan makan di tempat yang sudah jelas daftar harganya.

Itulah beberapa tips penting untuk melakukan traveling, selamat melakukan pejalanan, nikmatilah setiap waktu perjalanan anda,yamg terpenting dalam melakukan traveling adalah kebahagiaan yang kita dapatkan, jadi persiapkanlah traveling dengan baik, agar perjalanan kita meneyenangkan dan terhindar dari hal-hal yang tidak menyenangkan. 


(Red/CN26/SM Network)