• KANAL BERITA

Menilik Tempat Wisata Karawang yang Wajib Dikunjungi

Foto: istimewa
Foto: istimewa

MESKI dikenal sebagai kawasan industri, Karawang ternyata memiliki tempat-tempat wisata yang siap memanjakan para wisatawan dengan beragam pesona dan keindahannya. Jadi, Jika anda memiliki rencana untuk berlibur ke Karawang, kabupaten di Jawa Barat ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk bisa anda kunjungi.

Selama ini Karawang memang jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur, namun ternyata Karawang ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang tidak kalah dengan kota-kota besar seperti Semarang, Jakarta, ataupun kota-kota besar lainnya.

Langsung saja, berikut ini adalah tempat-tempat wisata yang wajib ketika anda berkunjung ke Karawang serta ulasan singkatnya

1. Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Tempat ini adalah tempat di mana Soekarno – Hatta ‘dibawa’ pada 16 Agustus 1945 oleh sejumlah pemuda untuk mempercepat proklamasi. Monumen ini berlokasi di Jl. Raya Rengasdengklok, Rengasdengklok Selatan, Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Monumen ini berupa tugu dengan Teks Proklamasi pada dinding depannya, menyangga bola bertulis 17 Agustus 1945 yang menjadi landasan kepal tangan, lambang bulatnya tekad.

Di sekeliling tugu ada tugu bintang dan tugu bendera Merah Putih. Di belakang tugu ada dinding beton melengkung dengan relief yang menggambarkan peristiwa di sekitar Proklamasi Kemerdekaan saat 17 Agustus 1945. Monumen ini biasanya juga digunakan sebagai tempa rekreasi dan juga tempat untuk berfoto untuk para wisatawan yang datang.

2. Monumen Rawa Gede

Monumen ini adalah Taman Makam Pahlawan para pejuang khususnya yang tewas pada pembantaian Massal Rawa Gede. Monumen ini didirikan untuk mengenang Pembantaian Masal yg menewaskan + 431 orang warga sipil pada tahun 1947 oleh Belanda. Monumen Rawagede terletak di Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat dan berdiri tegak sejak 1996.

Monumen ini salah satu  saksi bisu dari sejarah betapa sadis dan kejinya penjajah Belanda pada saat itu, dengan tanpa ampun dan berprikemanusiaan membantai habis setiap warga yang terlihat dan tidak mau memberikan informasi. Monumen Rawa Gede salah satu bukti bahwa Kota Karawang layak dan pantas berpredikat Kota Pangkal Perjuangan. Sama seperti halnya Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok, Monumen ini biasanya digunakan untuk tempat rekreasi dan tempat berfoto untuk para wisatawan.

3. Bendungan Walahar

Untuk tempat wisata yang satu ini terletak di Desa Walahar Kecamatan Ciampel, Karawang berbatasan dengan Desa Kutapohaci. Bendungan Walahar ini merupakan salah satu situs peninggalan zaman Belanda. Dulu dikenal dengan nama Parisdo terletak di Desa Walahar Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang.

Di samping fungsi utama Bendungan Walahar untuk mengairi sawah, masyarakat sekitar biasa memfungsikannya untuk keperluan lain, khususnya sebagai sarana rekreasi. Selain itu, setiap hari libur banyak yang memanfaatkannya untuk memancing. Anda tidak perliu khawatir dengan kenyamanan kunjungan karena bendungan ini juga menyediakan fasilitas wisata kuliner berupa deretan rumah makan khas Walahar yang menyajikan spesial pepes ikan jambal.

4. Vihara Shia Jin Ku Po

Tidak hanya Semarang saja yang terkenal memiliki tempat wisata keagamaan dengan Sam Poo Kongnya, namun Karawang juga memilikinya. Vihara Shia Jin Ku Po yang berada di Karawang juga merupakan salah satu tempat wisata yang wajib juga untuk dikunjungi. Vihara ini terletak di Jl. Muhamad Toha, Tanjungmekar, Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Vihara ini ini memiliki bentuk yang sudah berbeda dengan kondisi vihara sebelumnya.

Alasannya karena material pembangunnanya sudah berbeda dengan yang dahulu serta banyaknya jamaah dan pengunjung yang berkunjung ke wisata ini dari waktu ke waktu. Di dalam vihara yang sudah berumur 300 tahunan ini terdapat tempat persembahyangan atau altar. Selain memiliki altar utama yakni Altar Sian Dji Ku Poh, ada juga Altar untuk Tuhan Yang Maha Esa, Swan Kwan Tee, Mun Sen, Toe Tie Kong, Sakyamuni Buddha, dan masih banyak lagi.

5. Candi Jiwa

Sama halnya dengan wisata seperti Candi Borobudur ataupun Prambanan yang terkenal, Candi Jiwa juga merupakan salah satu tempat wisata yang berisikan candi-candi peninggalan jaman dulu. Candi Jiwa terletak di kompleks percandian Batujaya, tepatnya di Kecamatan Batujaya dan Pakisjaya, Karawang, Jawa Barat. Dimana Candi Jiwa merupakan salah satu candi peninggalan agama Budha yang bahkan umurnya diprediksi lebih tua daripada Candi Borobudur di Magelang. Selain Candi Jiwa yang berada di Kompleks ini, juga terdapat 46 titik candi-candi yang tersebar di area percandian Batujaya.

Juga ada kemungkinan bertambah lagi, karena masih ada penemuan-penemuan situs-situs baru di sekitar kompleks candi Batujaya. Karena masih ada beberapa candi yang diperkirakan terpendam di dalam tanah. Namun, hanya ada beberapa candi yang terkenal dan dipugar oleh Pemerintah diantaranya yaitu:

Candi Jiwa atau Candi Batujaya I
Candi Blandongan atau Candi Batujaya V
Candi Serut atau Candi Batujaya VII
Candi Sumur atau Candi Batujaya VIII

6. Tempat Wisata Air Terjun di Loji

Untuk tempat wisata yang satu ini khususnya untuk pecinta alam dan pecinta wisata air terjun, tempat wisata yang satu ini merupakan tempat yang cocok untuk mereka. Karena disini ditawarkan keindahan alamnya dan juga air terjunnya yang sangat indah dan memanjakan para wisatawan yang datang ke tempat ini.

Sebenarnya ada banyak air terjun di daerah Loji ini, yang pertama adalah Curug Bandung yang berlokasi di Mekarbuana, Tegalwaru; Green Canyon yang berlokasi di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari; kemudian ada Curug Cigentis, Curug Cikarapyak, Curug Cipanundaan, dan Curug Cikoleangkak yang juga berlokasi di Tegalwaru (berdekatan dengan Curug Bandung).


(Red/CN26/SM Network)