• KANAL BERITA

Taman Sayur Gondang Limbangan Berubah Jadi Wisata Pondok Makan

Suasana Taman Sayur Gondang, Kecamatan Limbangan, Kendal. (suaramerdeka.com/Hanief Sailendra)
Suasana Taman Sayur Gondang, Kecamatan Limbangan, Kendal. (suaramerdeka.com/Hanief Sailendra)

KENDAL, suaramerdeka.com - Menikmati udara sejuk pegunungan, cukup kita datangi daerah Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Menyusuri jalan dengan pemandangan pohon rindang, ditambah keramahan warga sekitar, menambah rasa  nyaman.

Siang ini (01/01), suaramerdeka.com, berkunjung di berbagai objek wisata di daerah Limbangan, salah satunya wisata Taman Sayur, di Desa Gondang, jaraknya kurang lebih 11 kilometer dari Boja. Menempati area 3.000 meter persegi, dibuatnya wisata Taman Sayur berkonsep sebagai edukasi kepada para pengunjung untuk menikmati cocok tanam sayuran. 

Menurut Sekdes Peron, Limbangan, Muchlasin yang mengikuti perjalanan kami, Taman Sayur dibuat pada tahun 2017. "Dulu konsepnya memang wisata kebun sayuran, namun dalam perjalanannya menjadi objek wisata," jelasnya.

Sementara itu menurut pemilik objek wisata Taman Sayur, Sigit, dulu awalnya memang lahan ini dibuat taman sayur. Pengunjung dikenakan biaya 10.000 dengan fasilitas kolam renang, spot foto dan arena bermain. Namun dikarenakan biaya operasionalnya tinggi jadi konsep taman sayur dirubah.

"Sayuran itu bertahan cuma sampai 40 hari, jadi setelah jangka waktu itu kita harus berganti tanam sayuran yang lain. Ini yang membuat biaya operasionalnya tinggi," jelas mantan Kades Gondang tersebut kepada suaramerdeka.com.

Pemilik Wisata Taman Sayur Sigit Budiman (kiri) didampingi Sekdes Peron, Muhlasin. (suaramerdeka.com/Hanief Sailendra)

Ditambahkan Sigit, saat ini ia lebih memilih merubah taman sayur menjadi wisata pondok makan dan arena spot foto, sekaligus pengelolaan untuk kolam renang dan permainan anak-anak. 

"Ini baru tahap pembangunan beberapa pondok makan berupa joglo untuk lesehan, juga pembangunan pagar pinggir jalan," imbuhnya.

Lebih jauh Sigit mengatakan, kedepan wisata Pondok Makan akan dibuat dengan sistem voucher, jadi setiap pengunjung membeli voucher seharga 20.000 nanti voucher tersebut bisa ditukarkan makanan atau yang lain, dengan fasilitas renang, arena bermain dan spot foto gratis. 

"Untuk sistem voucher tunggu sebulan kedepan, karena ini baru proses pembangunan," pungkasnya.


(Hanief Sailendra/CN39/SM Network)