• KANAL BERITA

Menu Fushion di Akhir Tahun

Sous Vide Rendang Chili Caviar (Foto suaramerdek.com/dok)
Sous Vide Rendang Chili Caviar (Foto suaramerdek.com/dok)

BAGI Para penggemar kuliner dan memasak, mungkin sudah akrab dengan istilah fusion food. Ini merupakan inovasi dalam bidang makanan. Yakni dengan menggabungkan beberapa unsur tradisi dan moderen kuliner yang berbeda dari dua negara atau lebih.

Tak perlu jauh-jauh keluar negeri. Sensasi untuk bisa merasakan lezatnya inovasi makanan ini bisa dirasakan di Kapolagha Restaurant yang terletak di lantai 1 Hotel Grandhika, Jl Pemuda Semarang. Setiap bulan, restouran ini selalu berusaha memberikan menu-menu baru yang unik untuk para pecinta kuliner.

Menemani pergantian tahun ini, Chef and Beverage Manager Hotel GranDhika Pemuda Semarang, Criscentianus Widyo menyiapkan empat menu fusion moderen dan tradisional. Untuk makanan ada Sous Vide Rendang Chili Caviar dan Jackfruit Brownies Caramel Ice Cream. Sedangkan minuman, yakni Milk Coffee with Ginger, dan Ginger Teh Tarik.
 
''Menu-menu fusion memang telah menjadi ciri khas di Kapolagha Restaurant. Kami pun memberikan sajian yang tidak biasa di bulan ini,'' ujar Public Relation Hotel Grandhika, Lala Nikmah.

Sous Vide Rendang Chili Caviar berbahan dasar daging sapi. Diolah dengan cara dimarinasi lalu divakum dan dimasak dalam air bersuhu 50 - 60 derajat celcius kurang lebih selama satu jam. Kemudian daging dimasak bersamaan dengan bumbu rendang yang lezat. Presentasi hidangan dilengkapi dengan telur setengah matang dan nasi saute garlic yang memberikan kekayaan cita rasa dalam satu hidangan.

Jackfruit Brownies Caramel Ice Cream (Foto suaramerdeka.com/dok)

Jackfruit Brownies Caramel Ice Cream juga tak kalah menarik. Dessert yang satu ini terbuat dari bahan dasar buah nangka yang diolah menjadi brownies dan disajikan bersama dengan es krim karamel yang manis dan lembut. Cocok untuk dimakan bersama pasangan.

Sebagai pelengkap, Kapolagha Restaurant menciptakan racikan khusus untuk pecinta kopi dan teh. Salah satunya Milk Coffee with Ginger. Ini  merupakan minuman berbahan dasar kopi yang dipadukan dengan susu dan jahe. Kopinya yang lebut dan hangatnya jahe cocok menemani malam pergantian tahun.

Pecinta kuliner yang tidak suka copi, tak perlu khawatir. Karena ada Ginger Teh Tarik. Ini merupakan minuman perpaduan antara teh tarik dan jahe. Langsung memberikan rasa manis sekaligus hangat dan melegakan sejak tegukan pertama.

Ginger Teh Tarik (Foto suaramerdeka.com/dok)

Kedua minuman tersebut sama-sama dapat memberikan sensasi segar dan nikmat. Cocok diminum saat sedang bersantai atau berkumpul bersama kolega maupun keluarga.
''Kapolagha Restaurant merupakan restoran berkonsep gabungan antara nuansa moderen dan tradisional,'' imbuh Lala.

Nama Kapolagha dipilih sebagai nama restoran ini yang diambil dari "kapulaga". Ini merupakan salah satu rempah-rempah endemik Indonesia yang sering digunakan sebagai bumbu masakan maupun bahan campuran jamu. Kapolagha Restaurant diharapkan dapat menjadi restoran modern yang masih tetap kental mempertahankan warisan tradisional sebagai Bangsa Indonesia.


(Hendra Setiawan/CN19/SM Network)