• KANAL BERITA

Puncak Pawon, Destinasi Nyaman Menikmati Kopi

POTENSI WISATA : Camat Lebakbarang Toharno berada di Puncak Gunung Pawon Desa Kutorembet, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan. (suaramerdeka.com / Siti Masithoh)
POTENSI WISATA : Camat Lebakbarang Toharno berada di Puncak Gunung Pawon Desa Kutorembet, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan. (suaramerdeka.com / Siti Masithoh)

KAJEN, suaramerdeka.com - Pemandangan indah nanasri dengan udara sejuk Puncak Pawon di Desa Kutorembet, Kecamatan Lebakbarang, Pekalongan menyimpan potensi besar untuk dijadikan objek wisata Kedai Kopi.

Camat Lebakbarang Toharno mengatakan, Puncak Pawon berada 1.000 meter di atas permukaan laut (dpl) dan puncak Pawon berada 300  meter dari jalan. Letaknya strategis, didukung udara sejuk, segar dan pemandangan asri, nyaman untuk lokasi wisata.

 Dengan secangkir kopi hangat pastinya akan menambah kenikmatan dan kehangatan saat menunggu matahari terbit. ‘’Suasana ini cocok untuk melepas kepenatan dari berbagai aktivitas rutin yang membosankan,’’ katanya.

Di Puncak Pawon ada dua lokasi wisata, pertama pendakian puncak untuk menikmati semburat merah sinar matahari terbit dari ufuk timur. Kedua wisata religi yakni sumur alam dan penampakan pawon atau tungku. Untuk sampai ke lokasi tersebut harus didampingi oleh juru kunci karena dipercaya memiliki kekuatan dan cerita mistis. ‘’Puncak Pawon sudah dikenal sejak pada zaman Hindu Buda. Kata pawon sendiri diartikan sebagai tempat atau lokasi khusus untuk bisa berintropeksi dan menenangkan diri,’’ kata dia.

Untuk menarik wisatawan terkait potensi wisata ini, Camat akan menggandeng pihak-pihak terkait termasuk masyarakat agar mendukung sarana prasarana yang dibutuhkan wisatawan termasuk lokasi selfi dengan berlatar pemandangan gunung-gunung atau bukit-bukit indah.

Camat juga menawarkan potensi lain, yakni durian dan gula aren. Dua potensi wisata ini diharapkan dapat dikembangkan untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat dan menambah kesejahteraan. ‘’Saya akan terus menggali dan mendorong potensi apa saja yang ada di Kecamatan Lebakbarang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.’’


(Siti Masithoh/CN26/SM Network)