• KANAL BERITA

Dari Nasgor Selang Seling hingga Nasgor Longsor

Lomba Masak HUT Kesembilan Hotel Dafam Semarang

MEMASAK: : Maulana M Fahmi jurnalis foto Suara Merdeka (tengah) sedang berkompetisi memasak nasi goreng bersama jurnalis lainnya dalam Lomba Masak HUT Dafam Hotel Semarang di teras Resto Canting, Hotel Dafam Semarang (7/11). (suaramerdeka.com / dok)
MEMASAK: : Maulana M Fahmi jurnalis foto Suara Merdeka (tengah) sedang berkompetisi memasak nasi goreng bersama jurnalis lainnya dalam Lomba Masak HUT Dafam Hotel Semarang di teras Resto Canting, Hotel Dafam Semarang (7/11). (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Apa jadinya jika para jurnalis berkompetisi memasak Nasi Goreng? Para pewarta yang lihai membuat pelaporan berita kepada khalayak tentu tak semuanya terampil dalam urusan dapur. Meski demikian 12 pewarta foto dari media televisi,  media cetak, radio dan online bersaing ketat dalam Lomba Masak HUT Dafam Hotel Semarang di teras Resto Canting, Hotel Dafam Semarang (7/11).

Bertemakan masakan Nasi Goreng dengan sembilan bahan yang mereka pilih masing-masing para peserta pun berkreasi. Aji MH, jurnalis Jatengtoday menyajikan masakan Nasi Goreng citarasa Jawa. Namun karena diluar dugaan, masakan yang telah ditatanya berantakan karena grogi. Alhasil, ia pun memberikan nama masakannya " Nasgor Longsor" sesuai dengan kondisi penataan yang berantakan.

Sementara itu, jurnalis foto Suara Merdeka Maulana M Fahmi mempunyai cara unik dan nyentrik. Ia berkostum ala chef Salt Bae dengan kacamata hitam, kaos ketat hitam serta topi chef paduan warna merah. Ia menyuguhkan kreasi Nasgor sambal trasi dengan level pedas yang ditata berlapis dengan telur. Penataan sederhana dengan garnis slada, tomat, udang serta torehan saus layaknya platting ala restoran ia yakin dapat bersaing dengan peserta lainnya.

Nasgor "Selang Seling" karya Fahmi pun akhirnya diunggulkan dengan penilaian 3 juri masak di antaranya Chef Hilman (Chef Corporate, Dafam Hotel Management), Ardian (GM Hotel Dafam Semarang) dan Uncle Dwi (perwakilan Rekan Pewarta Semarang).

Fahmi juara pertama setelah ketiga juri memberikan skor penilaian  210. Juara 2 dan 3 disusul oleh Dian (iNewsTV) dengan skor 195 dan Ajie MH (Jatengtoday.com) skor 190. Chef Corporate, Dafam Hotel Management, Chef Hilman mengatakan semua orang sebenarnya bisa memasak. Namun hanya sedikit yang paham memasak dengan benar.

"Semua peserta kami lihat mempunyai talenta memasak, namun hanya sedikit yang mampu memasak dengan benar. Di antaranya cara menggoreng, membuat bumbu dan menata masakan dengan menarik. Fahmi dari Suara Merdeka kami unggulkan karena mampu memasak dengan benar, cara menggoreng yang tepat, citarasa yang pas serta penataan masakan yang cukup menarik. Dan yang terpenting, ia memiliki karakter dengan konsisten "style"  yang disuguhkan, membedakan dengan lainnya,"jelasnya.  

GM Hotel Dafam Semarang, Ardian mengatakan Nasi Goreng dengan sembilan bahan masakan diambil sebagai menu yang diperlombakan sesuai dengan peringatan HUT hotel yang kesembilan. Para wartawan tinggal meracik semua bahan yang dipersiapkan oleh tim manajemen hotel.

"Kami mengumpulkan para rekan pewarta semua untuk rehat sejenak dari rutinitas dengan mengadakan lomba memasak. Kemeriahan penuh tawa ini menambah kebersamaan dan mempererat persaudaraan. Selain itu chef kami juga memberikan masukan masakan karya mereka sehingga dapat memberikan wawasan baru kepada jurnalis tentang dunia memasak," ujarnya.


(Maulana M Fahmi/CN26/SM Network)