• KANAL BERITA

Surakarta, Semarang, dan Yogyakarta Masuk Deretan Top 10 Destinasi Wisata yang Paling Banyak Dicari

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Provinsi Jawa Tengah dan DIY menyimpan segudang pesona alam dan destinasi wisata yang selalu diburu wisatawan. Menurut Data Google selama paruh pertama 2018 hingga paruh pertama 2019, beragam lokasi dan destinasi wisata di Provinsi Jawa Tengah dan DIY banyak dicari masyarakat Indonesia di Google Search.

Beberapa kota yang masuk ke dalam deretan 10 destinasi wisata yang paling banyak dicari yaitu Surakarta, Semarang, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal tersebut tidaklah mustahil sebab Jawa Tengah dan DIY memiliki beberapa destinasi wisata pemandangan yang menarik hati banyak wisatawan dan banyak dicari oleh pelancong pada paruh pertama 2019 seperti Dieng, Candi Borobudur, serta Candi Prambanan.

Cek tiket penerbangan menuju Semarang, Solo dan Yogyakarta dengan harga terbaik

Berdasarkan perilaku masyarakat Indonesia di mesin pencarian Google, pencarian yang berhubungan dengan pariwisata tumbuh sebesar 39% selama 18 bulan terakhir. Masih berdasarkan Google Trends, ternyata delapan dari 10 pencarian destinasi pariwisata di yang dilakukan masyarakat Indonesia adalah destinasi domestik dengan jumlah pencarian yang tumbuh hingga 20 persen di periode akhir tahun.

Pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan dengan pencarian destinasi wisata internasional yang hanya tumbuh lima persen di periode yang sama. Meningkatnya minat masyarakat Indonesia akan destinasi wisata domestik tentunya membuka peluang lebar bagi tiap kota untuk dapat mengembangkan atraksi wisata setempat.

Cek hotel termurah di Semarang, Solo dan Yogyakarta

Hal ini juga bisa menjadi salah satu penggerak perkembangan UMKM dan bisnis lokal untuk terus berkembang dan berdaya. Untuk itu, pelaku bisnis harus jeli dalam melihat peluang dan membaca perubahan perilaku masyarakat.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)