• KANAL BERITA

Kuliner Unik Menyita Perhatian

Suara Merdeka-Sasa Culinary Festival

POTRET MAKANAN: Pengunjung memotret “Manggo Flower” sebelum dinikmati dalam Culinary Festival Semarang, di kawasan Taman Indonesia Kaya Jl Menteri Soepeno, Semarang. (suaramerdeka.com / Maulana M Fahmi)
POTRET MAKANAN: Pengunjung memotret “Manggo Flower” sebelum dinikmati dalam Culinary Festival Semarang, di kawasan Taman Indonesia Kaya Jl Menteri Soepeno, Semarang. (suaramerdeka.com / Maulana M Fahmi)

NABILA Aryani (7) merengek meminta snack Korea yang bisa menimbulkan asap dingin. "Ma, aku mau snack yang bisa keluar asapnya. Lucu deh, aku mau satu," pinta Nabila kepada mamanya saat mengunjungi Suara Merdeka-Sasa Culinary Festival di Taman Indonesia Kaya, Sabtu (19/7).

Beruntung, permintaan Nabila dikabulkan mamanya. Ia lantas membeli Snack Korea Kebal-Kebul yang dijajakan pada festival kuliner tersebut. "Ma, keluar asapnya kan ma. Ayo ma, aku difoto," ujar Nabila setelah membeli satu porsi snack Korea tersebut.

Ya, Snack Korea Kebal-Kebul menjadi salah satu jajanan yang digemari pada festival kuliner tersebut. Snack jagung tersebut diadaptasi dari jajanan ala Korea Selatan.Snack Korea ini cukup populer, terutama karena sensasi makannya yang menimbulkan asap dingin. Asap tersebut rupanya berasal dari nitrogen cair yang diberi dengan cara disemprotkan.

"Disemprot nitrogen, jangan lama-lama, cukup sekitar 15 detik saja. Soalnya, semakin banyak nitrogen cairnya, justru snack-nya keluar semua, nanti mengambang, jadi secukupnya saja," tutur Rahmat Danang Karyawan Snack Korea Kebal-Kebul.

Setelah disemprot nitrogen, Rahmat menambahkan topping seperti selai cokelat dan meises warna-warni. Kemudian, snack Korea bisa langsung dinikmati. Ketika digigit, snack terasa dingin dan manis. Meski terlihat berasap dan tampak sangat dingin, snack-nya tidak beku, sehingga mudah dikonsumsi.

Rahmat menuturkan, snack kebal-kebul ini banyak disukai anak-anak dan remaja. Snack ini tergolong snack kekinian yang masih menjadi trend kuliner saat ini. Banyak pula yang tidak hanya makan saja, melainkan juga foto selfie dan video untuk dibuat status di media sosial. "Selama festival ini saya menargetkan dapat terjual sampai 500 cup gelas," harapnya.

Makanan unik lainnya yang juga menjadi perhatian pengunjung. Jika biasanya bakso berisi daging sapi atau bakso ikan, kini ada inovasi baru untuk makanan favorit berupa bakso. Yaitu bakso gurita. Di dalam bakso berisi daging gurita yang dihidangkan dengan banyak cabai, mie, dan kuah bakso. "Baru kali ini mau mencoba bakso gurita. Biasanya saya mencoba gurita bakar, tapi ini saya mau mencoba gurita bakar," ujar Laila Nikmah (26) salah satu pengunjung.

Tak hanya soal makanan yang unik yang berhasil menyita perhatian. Minuman unik juga tersedia pada kegiatan ini. Yaitu Mister Mango yang menyediakan tiga jenis minuman. Yudhistira Karyawan Mister Mango mengatakan, ada tiga jenis minuman yang berbahan baku mangga.

Antara lain, mango thai yaitu jus mangga yang dipadukan dengan cream cone rasa vanila dan jeli mangga. Kemudian ada flower mangga. Yaitu buah mangga yang dibentuk seperti bunga diberi taburan bubuk cabai dan potongan buah strawberry. "Yang ketiga yaitu pottato flower mangga yang diberi rasa pedas dan asin," terangnya.


(Fista Novianti/CN26/SM Network)