• KANAL BERITA

Merakit Gunpla Itu Sensasi

Komunitas Gunpla Semarang

TUNJUKKAN KOLEKSI : Anggota Komunitas Gundam Plastik (Gunpla) Semarang menunjukkan koleksi mainan yang dimiliki. (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)
TUNJUKKAN KOLEKSI : Anggota Komunitas Gundam Plastik (Gunpla) Semarang menunjukkan koleksi mainan yang dimiliki. (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)

BAGI  para penggemarnya, merakit Gunpla memiliki sensasi dengan ragam gimmick-nya. Semakin modern, perusahaan pembuat mainan kian memberi model mainan yang lebih menantang untuk perakitannya. “Merakit Gunpla bisa menghabiskan waktu beberapa jam saja. Bisa satu hari, bisa sampai tiga hari. Tergantung waktu, kerumitan, dan keasyikan saja,” ujar Decky Chandra, anggota Komunitas Gunpla.

Untuk merakit Gunpla mempunyai tingkatan tersendiri, mulai dari non grade (NG), high grade (HG), master grade (MG), perfect grade (PG), dan real grade (RG). Semakin tinggi tingkatan dan jenis Gunpla yang langka, harganya akan semakin tinggi.

Ada juga seri mini yakni super deformed (SD), serta seri langka seperti Crossbone Gundam X2, seed destiny meteor unit, gundam astray blue frame, rx 78-2 gundam yang banyak dicari. Bagi pemula, disarankan memulai dengan tingkatan high grade yang biasanya dijual dengan harga mulai Rp 120 ribu. Sementara untuk yang SD yang cenderung lucu karena bentuknya mini.

Salah satu artis nasional yang memiliki hobi merakit dan mengkustom Gunpla ini adalah vokalis grup band Noah, Ariel. Kegemaran itu sering dituangkan dalam akun youtubnya. Bahkan telah menjadi properti dalam syuting video klip salah satu lagu lamanya “mungkin nanti” dalam versi bahasa Jepang.

Mario Rekso Raharjo (31), anggota Gunpla Semarang memberi satu tips sederhana bila ingin membuat kustom dengan mewarnai sendiri. “Tips ngecat itu yang penting mau mencoba dulu. Biasanya teman-teman itu lihat tutotial dari youtube maupun orang lain. yang penting dicoba dulu,” ujarnya.

Tantangan yang sering ditemui dalam pewarnaan menggunakan spray, ialah rusak catnya. Seperti retak-retak atau tidak cocok pewarnaannya sendiri. “Tidak apa-apa rusak. Kalau rusak ya harus dicari tahu kenapa rusaknya. Komposisi cat dan campuranya mungkin kurang sesuai,” tandasnya.

Untuk menghapus cat juga mudah. Bisa menggunakan oli rem kendaraan. Cat akan luntur, tapi bpdi plastik Gunpla tetap aman tidak rusak. Bisa juga dengan remover yang dapat dibeli di toko-toko. Ke depan, Mario berencana membuat bengkel untuk kustom Gunpla. Gunanya untuk mewadahi serta membangun kreativitas pecinta Gunpla dalam merakit dan kustom.

Konsepnya, sebuah bengkel atau workshop kecil dengan peralatan spray disediakan. Dengan begitu para penggemar Gunpla juga dapat bertemu untuk saling berbagi bagaimana cara mengkustom Gunpla dengan baik.


(Diaz Abidin, Eko Adi N/CN26/SM Network)