• KANAL BERITA

Gundam Tak Sekedar Demam

Komunitas Gunpla Semarang

BERAGAM : Beragam mainan Gunpla itu telah dirakit dari banyak seri film yang telah rilis. (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)
BERAGAM : Beragam mainan Gunpla itu telah dirakit dari banyak seri film yang telah rilis. (suaramerdeka.com / Diaz Abidin)

ENTAH  berapa jumlah robot  gundam plastik di empat almari itu. Ratusan dan bisa jadi mencapai ribuan. Hernu Trisnanda (28), si pemilik tak berniat menghitungnya. “Berapa ya. hahaha,” candanya ringan sembari menghantarkan Tim Adrenalin Suara Merdeka melihat koleksi gundam model kit atau gundam plastic model (Gunpla) miliknya, belum lama ini.

Semua koleksi itu disimpan di rumahnya Jalan Lamongan Barat 2, RT 6 RW 5, Kelurahan Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. Tentu dengan beragam jenis dan ukuran skala. Gundam tak sekedar demam. Bagi Hernu, hobi ya hobi. Tak hilang seketika saat demam mainan usai atau usang berganti tren yang baru. Dia akan terus mengoleksinya, meskipun tergolong mainan mahal.

Harganya dimulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah, atau lebih dari itu. “Saya mulai mengoleksi itu mungkin saat SMP tahun 2005. Ya sedikit-sedikit sampai sekarang sudah bekerja masih koleksi,” kata anggota Komunitas Gunpla Semarang ini.

“Dulu kita terbentuk tahun 2012.  Awalnya anggota sekitar 30-an. Sekarang anggota yang aktif sekitar 20-an,” tambah Decky Chandra (34), anggota lain.

Sore itu, 10 orang anggota komunitas berkumpul di rumah Hernu. Kopdar kecil-kecilan seperti itu menjadi momen yang menyenangkan bagi mereka. Terlebih di tengah kesibukan masing-masing di usia kerja.

Seperti kita tahu, film animasi robot Gundam tren di Indonesia pada era 1990-an. lantas film ini lah yang menjadi tontonan masa kecil generasi 90-an. Di negeri asalnya Jepang, film animasi robot ini dibuat oleh Studio Sunrise di Jepang pada 1979. Respon yang baik, menjadikannya dikenal di belahan dunia termasuk Indonesia. Pada perkembangannya, Gundam telah merambah ke beragam hal seperti gim dan Gunpla.

Secara jenis, mainan ini dibedakan menjadi scratch building dan scale building. Scratch building bisa diartikan membuat sendiri semua bagian dari mainan. Adapun scale building atau model kit yakni, dengan merangkai bagian-bagian laiknya puzzle dari satu paket mainan yang dibeli.

Jenis mokit Gundam sendiri sangat banyak tergantung seri animasi film yang rilis. Di mana dahulu dibuat oleh Yoshiyuki Tomino dan Hajime Yatake adalah first Gundam. lantas berkembang dengan seri baru seperti Gundam Seed, Seri 00, Destiny, Wings hingga Gundam Age. “Kalau kita impor mainan ini dari Jepang tergantung dari serial filmnya. dan perusahaan pembuat mainannya,” terang Decky Chandra.


(Diaz Abidin, Eko Adi N/CN26/SM Network)