• KANAL BERITA

Belajar Pakai Jarik dan Berbagi Inspirasi Kartini

BELAJAR MEMAKAI JARIK: Sejumlah karyawati Hotel Quest Semarang belajar teknik memakai kain jarik yang diajarkan Komunitas Diajeng Semarang di  Hotel Quest Semarang Jalan Plampitan. (suaramerdeka.com / Maulana M Fahmi)
BELAJAR MEMAKAI JARIK: Sejumlah karyawati Hotel Quest Semarang belajar teknik memakai kain jarik yang diajarkan Komunitas Diajeng Semarang di Hotel Quest Semarang Jalan Plampitan. (suaramerdeka.com / Maulana M Fahmi)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sejumlah karyawati Hotel Quest Semarang belajar teknik memakai kain jarik. Komunitas Diajeng Semarang mengajarkan mereka dengan 18 teknik / cara. Tak hanya itu, dalam Talkshow dan Sharing Session bertema “Peran Wanita dalam Eksistensi Batik di Era Milenial” di  Hotel Quest Semarang Jalan Plampitan, Selasa, (30/4) mereka juga diberikan motivasi dan inspirasi oleh dua wanita inspiratif Devy Ros, seorang perancang busana dan Maya Kusuma Devi.

Devy Ros dalam inspirasinya menceritakan bahwa saat kecil ia telah menyukai corat-coret ditembok rumah. Berawal dari kesenangan dan keisengannya tersebut, kini  ia menyadari bahwa hal tersebut merupakan anugerah dan membawa kesuksesannya menjadi fashion designer.

"Menjadi seorang fashion designer harus bisa multitasking karena bagaimanapun sebagai seorang wanita ada kewajiban terhadap keluarga yang harus dilaksanakan. Namun, itu bukan menjadi halangan untuk berkarya tetapi bisa menjadi penyemangat. Penggunaan platform digital seperti media sosial sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis fashion design yang dijalani,”jelasnya.

Sementara itu Maya Kusuma Devi mengatakan jika passion-nya datang dari panggilan hati. Ia mengajak wanita-wanita untuk kenal dan cinta akan busana tradisional seperti kebaya dan batik.

"Sebagai wanita kita harus senantiasa mengingat dan mengenalkan warisan budaya terutama pada anak-anak generasi milenial. Kekayaan budaya kita itu luar biasa. Misalnya batik yang memiliki ciri khas dan cerita tersendiri di setiap daerah,”jelasnya.

Public Relation Hotel Quest Semarang Ari Suryono mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud apresiasi dalam rangka memperingati Hari Kartini. "Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi kartini-kartini Hotel Quest Semarang untuk terus semangat dan berkarya dibidang yang mereka geluti masing-masing," jelasnya.


(Maulana M Fahmi/CN26/SM Network)