• KANAL BERITA

RK: Potensi Wisata di Jabar Tinggal Diolah

Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi
Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyakini bahwa potensi wisata di wilayahnya bakal memberikan pengaruh signifikan bagi pembangunan termasuk dalam pengurangan angka kemiskinan.

Untuk itu, pihaknya bakal menggenjot sektor pariwisata sebagai sektor unggulan. Terlebih, potensi Jabar yang mempunyai daya tarik yang relatif lengkap dalam kemasan Gurilaps (gunung, rimba, lembah, pantai, dan sungai). "Keindahan alam di Jabar itu sudah luar biasa, meski belum equivalen atau belum sebanding dengan kesejahteraan," jelasnya di sela-sela pencanangan pengembangan wisata Garut, Jumat (26/4).

Untuk itu, pihaknya menggelontorkan dana sebesar Rp 500 miliar guna melakukan pengembangan 30 destinasi. Anggaran sebesar itu, katanya, terkesan besar. Hanya saja, levelnya "masih secukupnya" sehingga membutuhkan peran serta pihak lainnya.

"Karena kekayaan alam Jabar itu sudah given, ini tingga diolah saja sehingga perlu membutuhkan dukungan. Karena kami yakin bisa mengurangi kemiskinan, jadi ekonomi baru, karena seburuk-buruknya pariwisata masih bisa memberikan dampak seperti berjualan atau jadi tukang parkir," katanya.

Pihaknya pun mengapresiasi atensi pemerintah pusat terkait dengan pembangunan wisata di Jabar, terutama infrastruktur. Garut, sebutnya, menjadi role model mengingat wilayah tersebut dianggap mempunyai modal wisata yang lengkap.

"Karena kami masih mempunyai ketimpangan infrastruktur, terutama di kawasan selatan padahal ini akan menghadirkan konektivitas dan penyediaan akses yang akan memberikan dampak yang luar biasa. Dalam 5-10 tahun, konektivitas ini akan menjadikan kami sebagai role model pengembangan wisata," jelasnya


(Setiady Dwi/CN26/SM Network)