• KANAL BERITA

Ada Miniatur Masjid dari Bumbu Dapur di The Sunan Solo

MINIATUR: Miniatur masjid dari bumbu dapur di lobi The Sunan Hotel Solo. (suaramerdeka.com / dok)
MINIATUR: Miniatur masjid dari bumbu dapur di lobi The Sunan Hotel Solo. (suaramerdeka.com / dok)

SOLO, suaramerdeka.com - Ada miniatur masjid terbuat dari bumbu dapur. Dengan diameter 180 cm dan tinggi 150 cm, miniatur ini menghabiskan lima kg bumbu dapur. Bermacam bumbu pawon seperti merica, ketumbar, kayu manis, kapulaga, pekak dan kayu miyosi disusun menggunakan lem berbahan tepung. Pembuatan selama tiga hari.

Kalau mau tahu, datang saja ke lobby The Sunan Hotel. Sekedar untuk melihat dari dekat atau ber-swafoto. "Miniatur ini bakal dipamerkan di lobby lounge sampai tiba hari raya Idul Fitri," kata team leader Executive Sous Chef hotel setempat, Boedi Prasetyo, Jumat (26/4).

Bumbu Pawon adalah bahan dasar dari masakan Jawa. Bumbu ini biasanya harus ada di pawon atau dapur. Bumbu-bumbu itu sangat penting untuk masakan agar menambah kekuatan cita rasa pada bahan baku seperti daging, ikan,  sayuran, dan sebagainya. Dan sampai sekarang masih tersedia di pasar tradisional.

General Manager The Sunan Hotel Solo, Retno Wulandari menuturkan selain untuk menyemarakkan tampilan dekoratif di lobby, para tamu yang menginap maupun masyarakat yang sedang berada di hotel bisa mengabadikan kenangan ketika sedang menikmati suasana  Ramadan dan merayakan hari raya Idul Fitri di sini.

"Kami juga meluncurkan Idul Fitri Night Market untuk menyambut datangnya hari kemenangan. Paket ini menyajikan hidangan nusantara lengkap dengan sajian tarian tradisional serta menu-menu yang menjadi favorit para pemudik yang ingin menuntaskan kerinduannya di kota Solo," kata Retno.


(Langgeng Widodo/CN26/SM Network)