• KANAL BERITA

Buat Liburan ke Singapura Lebih Seru dengan Tips Hemat Ini

Foto: istimewa
Foto: istimewa

SINGAPURA, suaramerdeka.com - Menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan Indonesia, Singapura menyuguhkan sejumlah tempat menarik untuk dikunjungi. Objek wisata Singapura bisa dibilang cukup banyak, seperti Merlion Park, Universal Studio, atau sekedar jalan-jalan santai sambil berbelanja di Orchard Road. Bahkan ada juga Little India yang merupakan pusat komunitas India di Singapura.

Laman Visit Singapore, Singapura memang senantiasa berubah, menemukan, dan membayangkan tempat-tempat baru untuk berwisata. Belum sampa di situ, kemungkinan-kemungkinan baru juga dibuat warganya dengan bersemangat.

Di negara ini, pecinta makanan, penjelajah, kolektor, pencari ketegangan, pembentuk budaya, dan pegiat sosial semua bertemu sekaligus menciptakan pengalaman yang baru setiap hari. Jangan berhenti mencari apa yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Singapura. Melakukan perjalanan ke luar negeri biasanya butuh biaya yang tidak sedikit, terlebih biaya hidup di Singapura cukup tinggi sehingga memengaruhi biaya jalan-jalan ke negara tersebut.

Baca juga: 8 Destinasi Wisata Gratis di Singapura Ini Bikin Pelesiranmu Makin Seru Lho!

Namun, jika anda pintar dalam mengatur keuangan alias bujet jalan-jalan sekaligus lihai dalam memanfaatkan situasi, perjalanan ke Singapura bisa disiasati dengan sejumlah tips hemat. Berikut tips liburan ke Singapura seperti dilansir dari MoneySmart.

1. Memilih penginapan strategis

Ada baiknya anda meriset tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi di Singapura sebelum bepergian. Selain itu, pilih penginapan yang lokasinya tak jauh dari lokasi tujuan. Dengan cara ini, biaya ongkos dari satu tempat ke tempat lainnya bisa dihemat atau digunakan untuk hal lainnya seperti berburu kuliner atau buah tangan.

2. Pakai kartu EZ-Link

Setiap negara pasti memiliki uang elektronik seperti di Indonesia yang dikenal sebagai e-Money. Kartu ini memudahkan anda untuk naik transportasi umum jika ingin bepergian sekaligus menjadi alat pembayaran di minimarket.

Seperti di negara maju, Singapura juga sudah lebih dulu mengadopsi teknologi tersebut, sehingga embayaran ongkos bus dan MRT akan lebih murah menggunakan kartu EZ-Link daripada membeli tiket satuan, karena harganya bisa berbeda hingga 40 persen. Perlu diketahui juga adalah harga kartu EZ-Link-nya saja (di luar saldo) adalah 5SGD.

Ada baiknya, sudah menghitung jumlah perjalanan selama di Singapura nanti sebelum memutuskan membeli kartu tersebut. Total dan bandingkan bila membeli tiket satuan.

3. Beli tiket wisata secara online

Membeli tiket secara online bisa jadi salah satu solusi, di mana sudah cukup banyak tiket atraksi wisata yang dijual secara online. Sebelum berlibur, anda juga sudah bisa membelinya saat di Indonesia. Sudah banyak platform dalam negeri yang bekerja sama dengan objek wisata disana.

Dibandingkan membeli di lokasi secara langsung, harga membeli tiket di online bisa jauh lebih murah.

4. Beli tiket atraksi sekaligus alias dalam bentuk paket

Membeli tiket atraksi wisata dalam bentuk paket, bisa menjadi solusi hemat selanjutnya. Ambil contoh ada banyak atraksi dalam satu lokasi wisata, dan anda bisa membelinya sekaligus ketimbang satuan. Tentu harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Namun ada baiknya, cek lebih dulu kira-kira mana saja yang ingin kamu kunjungi. Jangan sampai terbuang sia-sia.

5. Datangi lokasi wisata gratis

Di Singapura banyak objek wisata gratis seperti Merlion Park, Garden Rhapsody Music & Light Show di Supertree Grove, Gardens by the Bay, hingga pertunjukan cahaya dan air di Marina Bay Sands, Spectra Light & Water Show.

Tidak ada salahnya anda mengunjungi tempat-tempat gratis itu karena belum tentu murahan dan jelek juga objek wisata tersebut, apalagi sekelas negara maju.

6. Bawa air minum sendiri

Sama seperti di Australia dan Jepang, Singapura ini juga menyediakan kran air yang bisa diminum langsung di pinggir-pinggir jalan. Membawa botol minum sendiri bakal jauh lebih hemat dibanding membeli air kemasan terus menerus selama berada di sana. Kemudian bisa isi langsung di hotel maupun di jalan-jalan.

Baca juga: Berasa Tinggal di Film Disney! 5 Tempat Wisata di Dunia Ini bak Negeri Dongeng

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan saat berada di Singapura. Meski tujuannya senang-senang, bukan berarti bisa berfoya-foya. Ada baiknya jika tetap berhemat, hati senang dan kebutuhan wisatamu bisa terpenuhi. Kalau masih bisa disiasati kenapa harus boros? Lebih baik uangnya digunakan untuk kegiatan lain saat berada di sana.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)