• KANAL BERITA

Komunitas Kopi Wonogiri Peringati Hari Kopi Sedunia

Bagikan Ribuan Cangkir Kopi

TALKSHOW KOPI : Para pembicara menyampaikan materi Talkshow mengenai kopi saat peringatan Hari Kopi Sedunia di alun-alun Giri Krida Bhakti, Kabupaten Wonogiri, Senin malam (1/10). (Foto suaramerdeka.com/Khalid Yogi)
TALKSHOW KOPI : Para pembicara menyampaikan materi Talkshow mengenai kopi saat peringatan Hari Kopi Sedunia di alun-alun Giri Krida Bhakti, Kabupaten Wonogiri, Senin malam (1/10). (Foto suaramerdeka.com/Khalid Yogi)

WONOGIRI, suaramerdeka.com - Komunitas Kopi Wonogiri menggelar peringatan pertama Hari Kopi Sedunia di alun-alun Giri Krida Bhakti Wonogiri, Senin malam (1/10). Acara bertajuk "Wonogiri Nduwe Kopi" itu dalam rangka World International Coffee Day dan bertujuan memperkenalkan berbagai varietas kopi asal kabupaten tersebut.

Penggiat kopi Wonogiri Bagus Adi Santoso mengatakan, varietas kopi Wonogiri antara lain Arabika Conto, Robusta Brenggolo, serta Robusta Semagar. Varietas kopi tersebut menjadi salah satu potensi bagus perkebunan di masa depan. "Kegiatan itu juga bertujuan menumbuhkan kembali budaya minum kopi sebagai wujud kebanggaan dan dukungan masyarakat atas produk kopi lokal," katanya.

Acara dimeriahkan dengan pertunjukan live acoustic dan pembagian lebih dari 1.000 cangkir kopi Wonogiri kepada pengunjung. Selain itu, penggerak, penggiat dan penikmati kopi saling berbagi ilmu dalam talkshow serba-serbi dunia kopi. Pembicara talkshow antara lain Aprei penggiat Kopi Lawu, Ragil <I>roaster<P> Kopi Sedulur, Ny Verawati penikmati kopi Wonogiri, serta Pak Sular dan Pak Yahmin sebagai petani kopi Wonogiri.

Beberapa kedai kopi yang tergabung dalam Komunitas Kopi Wonogiri juga berpartisipasi mengedukasi dan meramaikan peringatan perdana Hari Kopi Sedunia. "Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan para barista untuk menambah pengetahuan tentang kopi maupun cara menikmati kopi," terangnya.

"Acara itu juga diharapkan membuka realitas banyaknya asumsi yang beredar di lapangan tentang jumlah produksi kopi dan perkembangan kopi Wonogiri. Sehingga masyarakat diharapkan dapat mendukung serta mendapat informasi akurat terkait perkembangan yang ada," ujarnya.

Ketua panitia kegiatan Jefry Aditya Jayadi mengatakan, kopi Wonogiri berpotensi besar menggerakkan perekonomian masyarakat. "Saya yakin kopi Wonogiri akan go internasional kalau semua pihak saling mendukung," katanya.

Kopi Wonogiri terkenal enak, tidak jauh berbeda dengan kopi lain yang sudah mendunia. "Rasanya luar biasa enak. Arabikanya terasa fruity dan punya flavor khas Wonogiri dengan dengan daya tarik tersendiri," imbuhnya.

Dalam satu tahun ini kopi tersebut semakin banyak penggemarnya dan dinikmati di beberapa wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, hingga Jakarta. Hanya, kontinuitas dan kuantitas produksi kopi Wonogiri belum cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan pasar.


(Khalid Yogi/CN19/SM Network)