Mata Sakit karena Cahaya Lampu? Inilah Solusinya

- Senin, 26 Oktober 2020 | 18:11 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JANGAN menganggap remeh jika Anda mengalami sakit mata, pasalnya indera penglihatan sangat vital untuk kehidupan. Namun tahukah apa yang menyebabkan rasa sakit tersebut muncul? salah satunya karena pemilihan penerangan yang kurang tepat.

Karena ternyata bohlam yang digunakan di sebagian besar tempat bisnis, sekolah, dan gedung perkantoran dapat mengganggu kesehatan mata. Bahkan Universitas Nasional Australia menemukan bahwa paparan berlebih pada lampu fluoresen yang "dingin" atau "putih terang" selama lebih dari 45 jam seminggu menjadi penyebab sakit mata, hingga berisiko mengalami banyak masalah kesehatan, seperti katarak dan pterigium.

Alasan mengapa bola lampu ini sangat buruk bagi mata Anda adalah karena indera penglihatan sensitif terhadap cahaya, terutama sejumlah sinar UV. Seiring waktu, terlalu banyak eksposur dapat menyebabkan kerusakan mata yang tidak dapat diperbaiki.

Meskipun Anda mungkin tidak memiliki kendali atas situasi tersebut, setidaknya Anda masih dapat melindungi indera tersebut saat berada di rumah atau di tempat kerja.

Gejala Sakit Mata Akibat Pencahayaan yang Kurang Tepat

Pencahayaan yang kurang tepat dapat merusak mata yang bersifat kumulatif. Semakin lama Anda menghabiskan waktu dengan mata terpapar, maka semakin besar risiko suatu masalah.

Mungkin tidak selalu terlihat jelas saat pada awalnya, namun seiring berjalannya waktu Anda akan merasakan efek yang tidak nyaman, hingga berbahaya. Mungkin beberapa tanda paling jelas bahwa telah mengalami sakit mata ini seperti berikut:

  1. Ketidaknyamanan atau kemerahan di mata
  2. Mengeluarkan Air mata
  3. Penglihatan kabur
  4. Pembengkakan
  5. Sensitivitas cahaya
  6. Kelopak mata berkedut
  7. Perasaan berpasir di mata
  8. Kehilangan penglihatan jangka pendek
  9. Melihat lingkaran cahaya

Jika Anda mengalami kehilangan penglihatan yang serius atau kehilangan penglihatan yang tidak membaik dalam beberapa jam, hubungi spesialis untuk memastikan mata Anda baik-baik saja. Sekali lagi, paparan jangka panjang dapat meningkatkan risiko Anda terhadap sejumlah penyakit mata.

Bagaimana cara mengobati sakit mata Akibat Pencahayaan?

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Logo Baru Telkomsel Terinspirasi Pola Batik

Senin, 12 Juli 2021 | 15:12 WIB

Satria Lengkapi Konektivitas Digital Nasional

Rabu, 7 Juli 2021 | 18:30 WIB

Mata Sakit karena Cahaya Lampu? Inilah Solusinya

Senin, 26 Oktober 2020 | 18:11 WIB

MediaTek Luncurkan Platform Edge AI i350

Kamis, 22 Oktober 2020 | 14:56 WIB
X