Proyek Chromebook Gagal di Malaysia, Ini 4 Faktor Penyebabnya

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 11:28 WIB
Ilustrasi Chromebook. (Pixabay)
Ilustrasi Chromebook. (Pixabay)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pakar pendidikan dari Malaysia University of Science and Technology, Franklin Styne memaparkan proyek pengadaan laptop chromebook di Malaysia, dikenal dengan nama 1BestariNet.

Proyek tersebut dihentikan oleh pemerintah Malaysia pada tahun 2019 yang lalu karena dianggap gagal mencapai target.

Proyek ini rencananya akan dilaksanakan selama 15 tahun, mulai dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2026.

Targetnya menyediakan akses internet kecepatan tinggi nirkabel dengan teknologi 4G yang dilengkapi dengan laptop chromebook dan learning management system (LMS) untuk 10 ribu sekolah secara nasional, yang akan menjangkau 5 juta siswa dan 500 ribu guru.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Stop Podcast dan Medsos, Pengamat; Cukup Rehat Saja, Jangan Berhenti

Kementerian Pelajaran Malaysia menggunakan istilah menciptakan lingkungan belajar virtual sebagai target yang harus dicapai.

"Sayangnya setelah 8 tahun berjalan, lingkungan belajar virtual yang tercipta hanya sekitar lima persen) saja. Masih ada ribuan sekolah yang belum terkoneksi internet, dan menurut hasil audit, sekolah yang sudah dilaporkan sudah terkoneksipun ternyata baru sebagian ruang kelas saja, belum seluruh sekolah seperti yang ditargetkan," papar Franklin.

Proyek yang menghabiskan anggaran sekitar Rp 14 triliun rupiah ini akhirnya dibatalkan agar tidak memboroskan uang rakyat lebih banyak tanpa hasil nyata. Menurutnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan gagalnya inisiatif ini.

Baca Juga: Jubir Menko Marves Menyebutkan Adanya Akumulasi Angka Kematian: bukan Dihapus

Pertama, pemerintah Malaysia, dalam hal ini Kementerian Pelajaran, tidak memberikan sosialisasi terhadap warga sekolah baik pimpinan, pendidik, tenaga kependidikan, siswa, maupun orang tua.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

iPhone 13 Series Resmi Dirilis, Berikut Spesifikasinya

Rabu, 15 September 2021 | 15:33 WIB

Minum Kopi Bantu Cegah Keropos Gigi

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:22 WIB
X