Chromebook Kurang Tepat Digunakan di Indonesia, Berpotensi Disalahgunakan

- Kamis, 12 Agustus 2021 | 09:24 WIB
Ilustrasi Chromebook. (Pixabay)
Ilustrasi Chromebook. (Pixabay)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Chromebook kurang tepat digunakan di Indonesia karena dianggap bagaikan ponsel berukuran besar yang membutuhkan internet agar dapat berfungsi dengan baik.

Seperti diungkapkan Ketua Indonesia Cyber Security Forum, Ardi Sutedja, tanpa internet, tidak banyak yang dapat dilakukan dengan penyimpanan sebesar 32GB apalagi aplikasi selain Google tidak dapat diinstal pada perangkat ini.

"Kita tahu Indonesia akses internetnya masih sangat terbatas, jangan sampai laptop-laptop ini hanya digunakan sebagai ganjal pintu saja," kata Ardi melalui streaming YouTube NGOPI SEKSI (Ngobrol Pintar Seputar Kebijakan Edukasi) yang kali ini mengangkat tema "BELANJA LAPTOP 17 T vs REKRUTMEN GURU ASN: MANA YANG PRIORITAS?".

Ardi menegaskan bahwa laptop chromebook yang bisa dikontrol ini berpotensi untuk disalahgunakan.

Baca Juga: Kebjakan PPKM Mingguuan, DPR: Pemerintah Jangan Buat Rakyat Galau

Artinya, nanti malah bergantung total sama asing karena sistem operasi, penyimpaan, aplikasi, dan lain-lain menggunakan teknologi asing yang katanya gratis.

"Kita tahu di dunia ini tidak ada yang gratis. Data-data pendidikan kita akan dimanfaatkan oleh perusahaan asing yang memang cari uangnya dengan cara berjualan data digital. Alih-alih kita berniat mau mandiri dengan menggunakan merk lokal," tegasnya.

Tapi, lanjut Ardi, kenyataannya kita malah bergantung pada asing karena isi laptopnya dapat dikontrol oleh perusahaan asing tersebut.

"Siapa yang jamin tidak akan dimonetasi, siapa yang jamin kerahasiaan data, kita sendiri belum punya undang-undang kerahasiaan data," tuturnya.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Pekalongan: 100 Anak Usia 12 Tahun ke Atas Terima Dosis Pertama

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

iPhone 13 Series Resmi Dirilis, Berikut Spesifikasinya

Rabu, 15 September 2021 | 15:33 WIB

Minum Kopi Bantu Cegah Keropos Gigi

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:22 WIB
X