Udah Muterin Tiap Toko, Tapi Tulisannya Selalu STB Habis, Yaudah Minta Sama Kominfo Aja Deh, Modal NIK Doang

- Rabu, 7 Desember 2022 | 16:10 WIB
Udah Muterin Tiap Toko, Tapi Tulisannya Selalu STB Habis, Yaudah Minta Sama Kominfo Aja Deh, Modal NIK Doang (foto : kominfo.go.id)
Udah Muterin Tiap Toko, Tapi Tulisannya Selalu STB Habis, Yaudah Minta Sama Kominfo Aja Deh, Modal NIK Doang (foto : kominfo.go.id)

SUARAMERDEKA.COM – Sebagai bentuk dari tindak lanjut dari program pemerintah yaitu Analog Swith Off (ASO) mengenai penghentian sinyal TV analog, beberapa kota saat ini sudah memasuki tahap 2. Salah satunya adalah Kota Bandung, Solo, Semarang dan Batam yang akhirnya putus secara total dari sinyal analog.

Menurut Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Jateng Muhammad Aulia Assyahiddin, Jawa Tengah dan Kota Semarang juga sudah mengalami Analog Switch Off (ASO) untuk ke digital.

"Kalau di Jateng ASO hanya di 230 Kab/Kota di 24 wilayah layanan siar," ujar Aulia

Baca Juga: TV Merk LG Sudah Bisa Siaran Digital, Tapi Masalahnya TV-mu Termasuk Gak? Coba Dicek Dulu di Sini

Tetapi kemudian masalah baru timbul. Pada kenyataannya, tidak semua orang sudah memiliki TV digital. Masih banyak masyarakat yang saat ini masih menggunakan TV analog.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah melalui Kementerian Kominfo memberikan solusi yaitu pendistribusian Set Top Box (STB) secara gratis kepada masyarakat yang terdaftar pada DTKS sistemnya.

Aulia menambahkan apabila ada masyarakat tidak mampu yang terdaftar di DTKS, maka hanya perlu memasukkan NIK KTP-nya ke dalam sistem.

"Bagi yang belum menerima STB sampai dengan 2 November 2022, dapat mengajukan secara mandiri dengan menghubungi call center 159 atau ke nomor telepon Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB terdekat," sambungnya.

Tentu bantuan STB gratis ini sungguh sangat meringankan beban, terutama masyarakat menengah ke bawah.

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X