Semarang Kaget TV Banyak Semut, Ternyata Sinyal Analog Mati, Yaudah Minta STB Aja ke Kominfo, Mudah dan Gratis

- Minggu, 4 Desember 2022 | 16:47 WIB
Semarang Kaget TV Banyak Semut, Ternyata Sinyal Analog Mati, Yaudah Minta STB Aja ke Kominfo, Mudah dan Gratis (kominfo)
Semarang Kaget TV Banyak Semut, Ternyata Sinyal Analog Mati, Yaudah Minta STB Aja ke Kominfo, Mudah dan Gratis (kominfo)

Suaramerdeka.com – Beberapa kota di Indonesia sudah mulai mengentikah penayangan siaran TV analog, kini giliran Bandung, Solo, Semarang, dan Batam yang harus menghentikan penyiaran TV analog.

Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan penghentian siaran TV analog atau analog switch off (ASO) tahap 2 di empat wilayah tersebut mulai Jumat 2 Desember 2022 pukul 24.00 WIB.

Artinya mulai tanggal 3 Desember 2022, beberapa wilayah tersebut tidak mungkin lagi menerima siaran TV analog.

Baca Juga: Ga Dapet STB Gratis Gapapa, Saya Mau Beli yang Bisa Youtube dan TikTok-an Sekalian

Menurut Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Jateng Muhammad Aulia Assyahiddin, Jawa Tengah dan Kota Semarang juga sudah mengalami Analog Switch Off (ASO) untuk ke digital.

"Kalau di Jateng ASO hanya di 230 Kab/Kota di 24 wilayah layanan siar," ujar Aulia

Salah satu cara agar dapat menonton kembali TV jika masih tidak ingin membeli yang baru, yaitu dengan menggunakan alat bernama Set Top Box (STB).

Aulia menambahkan apabila ada masyarakat tidak mampu yang terdaftar di DTKS, maka hanya perlu memasukkan NIK KTP-nya ke dalam sistem.

Baca Juga: Maaf Baru Kasih Tau! Ini Dia Daftar Plus-Minus Merk Set Top Box (STB) untuk TV Analog

"Bagi yang belum menerima STB sampai dengan 2 November 2022, dapat mengajukan secara mandiri dengan menghubungi call center 159 atau ke nomor telepon Posko Respon Cepat Penanganan Bantuan STB terdekat," sambungnya.

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X