Kenapa MNC Group Tidak Ada di TV Digital? Kemana Dikau Wahai MNC? Sepi Tanpamu...

- Sabtu, 26 November 2022 | 15:42 WIB
Ilustrasi - Rekomendasi Smart TV atau TV Digital 32 inch murah terbaik yang bisa menangkap siaran digital (Image: Freepik Official)
Ilustrasi - Rekomendasi Smart TV atau TV Digital 32 inch murah terbaik yang bisa menangkap siaran digital (Image: Freepik Official)

suaramerdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melakukan penghentian siaran televisi analog secara bertahap.

Penghentian siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) akan dilakukan mulai April 2022 dan batas akhir penghentian pada 2 November 2022.

Masyarakat yang televisinya masih analog maka diharuskan memasang Set Top Box (STB) supaya nantinya bisa menerima siaran TV digital. Apa itu siaran TV digital?

Baca Juga: Pernah ‘Hancur’ Saat Nikahi Wendy Walters, Reza Arap: Setahun Gue Lewatin Ancur-ancurnya

Siaran TV digital adalah siaran televisi yang menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih.

Siaran TV digital juga sudah menggunakan teknologi yang canggih, sehingga hanya menampilkan gambar yang kualitasnya bagus atau jernih.

Apabila sinyal TV digital tidak bagus maka, gambar TV digital tidak akan ditampilkan.

Baca Juga: Dorong UMKM Naik Kelas, Fasilitas Pemkot Semarang Gasspoll

Dalam siaran TV digital nantinya, gambar yang ditangkap akan menjadi jernih dan tidak lagi ada gangguan patah-patah atau ‘semut’ ketika sinyal TV digital sulit ditangkap.

Perbedaan TV analog dan TV digital

1. Sinyal TV analog hanya bisa menerima sinyal antena UHF, sehingga mudah mengalami gangguan, noise, hingga distorsi.

Sedangkan TV digital sudah bisa memproses sinyal digital atau analog, sehingga minim gangguan.

Baca Juga: Alhamdulillah, Keluarga Asal Brasil Ini Menjadi Mualaf Setelah Sampai di Qatar untuk Menonton Piala Dunia 2022

2. Kemampuan menangkap sinyal Televisi analog sangat bergantung pada jarak dengan stasiun pemancar TV.

Semakin jauh jaraknya maka antena akan semakin sulit menangkap sinyal penyiaran. Akibatnya kualitas gambar menjadi menurun.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X