Santun dan Bijak Gunakan Media Sosial, Jaga Keutuhan Bangsa Indonesia

- Sabtu, 26 November 2022 | 13:20 WIB
 Ketua XYZ Indonesia, Mohammad Aliardo. (suaramerdeka.com / dok)
Ketua XYZ Indonesia, Mohammad Aliardo. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - XYZ Indonesia mengajak masyarakat Indonesia dari generasi X, Y dan Z sebagai generasi yang cukup aktif menggunakan media sosial, untuk berperilaku santun dan lebih bijak.

Hal ini mengemuka dalam diskusi yang diadakan oleh XYZ Indonesia di Oemah Resto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu 26 November 2022, dengan tema “Santun dan Bijak Menggunakan Media Sosial: Menjaga Keutuhan Bangsa dan Negara Indonesia”.

Ketua XYZ Indonesia, Mohammad Aliardo, bahwa saat ini media sosial memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam membangun opini dan persepsi di masyarakat.

Baca Juga: Cek di Sini, Ini 7 Lowongan Kerja di China bagi Fresh Graduate Asing

Berkembangnya penggunaan media sosial sebagai alat berkomunikasi dan alat untuk menyampaikan informasi secara langsung dari masyarakat serta alat pertukaran pengetahuan, menjadikan masyarakat lebih peduli dan lebih sadar terhadap isu-isu yang berkembang di tingkat lokal maupun global.

Namun seringkali tanpa disadari, ternyata, ada upaya-upaya untuk membangun kesadaran palsu oleh segelintir oknum “pegiat media social” yang tidak bertanggung jawab.

"Belum lagi, para oknum “buzzer bayaran” yang dengan sengaja menyampaikan hoax atau disinformasi dengan tujuan untuk mengelabui masyarakat demi keuntungan pribadinya maupun keuntungan pihak yang membayar pembuat hoax maupun disinformasi tersebut," kata dia.

Baca Juga: Perayaan Hari Guru Nasional JSIT Jawa Tengah: Semar Gareng dan Musik Tek-tek Sambut Peserta

Lebih lanjut, Aliardo juga menyampaikan, bahwa tanpa disadari, sebenarnya perilaku para pembuat hoax dan disinformasi ini sangat berbahaya bagi kohesivitas sosial di masyarakat dan bahkan bagi keberlangsungan dan keutuhan bangsa dan Negara Indonesia.

Apalagi menjelang memasuki tahun politik, 2023, persaingan yang melibatkan oknum “buzzer” maupun oknum “pegiat media sosial” yang tidak bertanggung jawab dapat mengganggu pesta demokrasi yang seharusnya dilaksanakan secara aman, damai dan kondusif menjadi ajang permusuhan yang dapat berlangsung lama.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini WhatsApp Down, Trending di Twitter

Selasa, 25 Oktober 2022 | 15:11 WIB
X