Bappenas dan Telkom Siapkan Sistem Data Katalog Nasional Satu Data Indonesia

- Jumat, 16 September 2022 | 06:45 WIB
Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid. (Telkom)
Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid. (Telkom)

JAKARTA, suaramerdeka.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Telkom melalui BigBox perkuat sinergi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Telkom dan Bappenas melangsungkan Kick Off Project Pembangunan Sistem Data Katalog Nasional Satu Data Indonesia, Senin 12 September 2022.

Adapun dukungan Telkom kepada Bappenas sebagai  wujud komitmen mendukung percepatan digitalisasi Indonesia.

Baca Juga: Hasil Liga Europa: AS Roma Menang Telak 3-0 Atas HJK

Staf Ahli Bidang Pemerataan dan Kewilayahan Bappenas selaku Koordinator Sekretariat Satu Data Indonesia Tingkat Pusat, Oktorialdi menuturkan, beberapa standar akan diadopsi, antara lain Statistical Data and Metadata Exchange dan ISO.

Hal ini guna menyukseskan program dan melaksanakan tugas pengelolaan SDI dibutuhkan sistem Data Katalog Nasional yang memanfaatkan teknologi dan standar yang berlaku secara internasional, dalam hal ini sistem Katalog Data Nasional

“Pembangunan sistem Katalog Data Nasional sudah kita mulai sejak membangun portal di tahun 2021, kemudian kami melakukan studi yang berkaitan dengan katalog data. Kami juga melakukan uji coba SMDX registry dalam portal SDI,” papar Oktorialdi.

Baca Juga: Intai Asmara Zodiak Hari Ini 16 September 2022: Cinta dan Hari Sempurna Libra-Sagitarius, Koneksi Baru Scorpio

Satu Data Indonesia (SDI) merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Presiden No. 39 tahun 2019.

Sistem Katalog Data Nasional yang ada di portal SDI tidak hanya menampilkan data semata, tetapi juga membuka informasi-informasi lain terkait keterhubungan antara data.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari Ini WhatsApp Down, Trending di Twitter

Selasa, 25 Oktober 2022 | 15:11 WIB

Mudahnya Mengirim Pesan WhatsApp dengan Cepat

Minggu, 11 September 2022 | 16:01 WIB

Begini Cara Menggunakan Twitter Circle di Android !

Minggu, 4 September 2022 | 18:45 WIB
X