Budaya Digital Jadi Kebutuhan: Kolaborasi Multimedia, Bisnis, dan Keamanan Siber

- Sabtu, 17 September 2022 | 11:24 WIB
Praktisi Budaya Digital, Citra Pratiwi, menjadi pembicara saat kuliah umum di Kampus Politeknik Bhakti Semesta (PoliBest) Salatiga.  (suaramerdeka.com / dok)
Praktisi Budaya Digital, Citra Pratiwi, menjadi pembicara saat kuliah umum di Kampus Politeknik Bhakti Semesta (PoliBest) Salatiga. (suaramerdeka.com / dok)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Budaya digital telah tumbuh dan menjadi kebutuhan masyarakat modern, dalam memanfaatkan teknologi digital.

Digitalisasi juga telah berkembang menjadi digital marketing, yang memudahkan interaksi pelanggan (konsumen) dan penyedia (produsen), dalam penyediaan barang dan jasa.

Orang dapat sukses atau berhasil dalam bisnis dan kehidupannya, dengan memanfaatkan budaya digital yang ada saat ini.

Baca Juga: Gagal Nyanyikan 'Tak Ingin Usai' dengan Sempurna di Malaysia, Keisya Levronka Curhat Ini di Twitter

Hal itu menjadi perbincangan dan diskusi menarik dalam kuliah umum mahasiswa Politeknik Bhakti Semesta (PoliBest) Salatiga, yang disampaikan praktisi Budaya Digital, Citra Pratiwi, Jumat 16 .

Seminar yang dibuka Direktur Politeknik Bhakti Semesta Dr Drs Anwar Sukito Ardjo MKom itu, dihadiri mahasiswa dari dua angkatan, yakni Jurusan Teknologi Rekayasa Multimedia, Jurusan Bisnis Digital, dan Jurusan Rekayasa Keamanan Siber.

"Digitalisasi bukan hanya bicara tentang internet, tetapi juga adanya komunitas dan manusia di dalamnya sebagai user (pengguna). Dalam proses digitalisasi harus memahami bahasa supaya mengerti tentang budaya. Budaya juga terdapat dalam digitalisasi yang disebut budaya digital."

Baca Juga: Bocoran Sinopsis Ikatan CInta 17 September 2022: Pertanyakan Kesetiaan Andin, Aldebaran Luluh Lihat Bukti Ini

"Integrasi dari semua perubahan kebiasaan, struktur, nilai dan ekosistem, membentuk budaya digital, di mana transformasi digital sangat berperang dalam proses pemanfaatan teknologi digital yang kini telah menjadi budaya," kata Citra Pratiwi, yang juga merupakan seniman multidisiplin, kurator, dan penulis tersebut.

Menurut Citra, sebagai pengguna media, harus mengajak untuk membangun budaya digital yang sehat, dan menjauhi budaya buruk, karena menghambat untuk berkarya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X