Kasus Covid-19 di Eropa Mereda, Proyek Satelit Satria Diprediksi Meluncur di 2023

Red
- Selasa, 13 Juli 2021 | 17:04 WIB
Satelit/Foto Pojok News Pikiran Rakyat
Satelit/Foto Pojok News Pikiran Rakyat

JAKARTA, suaramerdeka.com - Meskipun, lonjakan kasus Covid-19 terus terjadi, Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengklaim proyek Satelit Satria masih berjalan sesuai target, dan diyakini meluncur di 2023.

Pembangunan satelit diungkapkan Direktur Utama Bakti Kominfo Anang Latif, tidak terhambat selama penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Dia menjelaskan, hampir seluruh infrastruktur satelit dibangun di luar negeri.

"Proyek satelit ini lebih dari 90% komponen ada di luar negeri, mulai dari pembuatan roket dan satelitnya sendiri," kata Anang, Selasa (13/7), dikutip dari Kata Data.

Baca Juga: Deklarasi Gotong Royong: Menaker, Dunia Usaha dan Serikat Pekerja Komitmen Cegah Konflik di Masa PPKM Darurat

Diketahui, pembangunan Satelit Satria menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), konsorsium Pasifik Satelit Nusantara sebagai pemenang tender.

Konstruksi satelit multifungsi dibangun setelah penandatanganan Preliminary Working Agreement atau Perjanjian Pendahuluan. Ini dilakukan oleh badan usaha pelaksana, PT Satelit Nusantara Tiga, bagian dari konsorsium, dan pabrikan satelit Thales Alenia Space yang berada di Prancis.

Menurutnya, pihak pabrikan asal Perancis itu belum memberikan keluhan soal pembangunan satelit. "Jadinya, konstruksi masih sesuai dengan rencana semula," ujar Anang.

Baca Juga: SIM C Terbagi 3 Golongan Berdasarkan Kapasitas Isi Silinder Motor, Agustus 2021 Diberlakukan

Sejauh ini, Thales Alenia Space sendiri sedang dalam proses perakitan satelit. Kendala pandemi sempat dihadapi oleh pabrikan, namun hanya di awal 2020 saja. Seiring dengan meredanya kasus Covid-19 di Eropa, konstruksi digelar kembali dengan lancar.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MPL ID Season 8: Alter Ego Akan Hadapi Pekan yang Berat

Kamis, 23 September 2021 | 20:04 WIB

Ini Alasan Manusia Terlalu Bergantung pada Teknologi

Senin, 20 September 2021 | 17:07 WIB

MPL ID Season 8: RRQ Tempel Ketat Alter Ego

Minggu, 19 September 2021 | 20:30 WIB

MPL ID Season 8: Alter Ego Lanjutkan Tren Positif

Jumat, 17 September 2021 | 21:53 WIB
X