Masyarakat Daerah 3T Mulai Rasakan Dampak Positif Jaringan 4G

- Jumat, 2 Juli 2021 | 14:35 WIB
Direktur Layanan Masyarakat dan Pemerintah BAKTI Danny J. Ismawan (kanan) dan Head of Public Policy Ruangguru Amri Ilmma. (suaramerdeka.com / dok)
Direktur Layanan Masyarakat dan Pemerintah BAKTI Danny J. Ismawan (kanan) dan Head of Public Policy Ruangguru Amri Ilmma. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Dampak positif dapat diaksesnya jaringan internet 4G di daerah yang selama ini terpinggirkan mulai dirasakan oleh masyarakat.

Daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) yang dianggap tidak menarik secara komersil oleh para operator selular kini mulai bersinar setelah BAKTI Kominfo hadir di daerah tersebut.

Direktur Layanan Masyarakat dan Pemerintah BAKTI Danny J. Ismawan menyatakan bahwa tugas utama BAKTI adalah membangun dan menyediakan infrastruktur telekomunikasi di wilayah non komersil dan mendorong hadirnya ekosistem digital.

Ada enam program yang harus dilaksanakan BAKTI, yakni pembangunan BTS, penyediaan satelit multifungsi, membangun ekosistem digital, penyiaran, palapa ring, dan penyediaan akses internet.

Baca Juga: Perlu Proses Membujuk Anak Agar Mau Melakukan Tes PCR

Menurut Danny, kondisi pandemi saat ini secara tidak langsung memberi hikmah tersendiri di sektor telekomunikasi.

“Yang pertama, momentum pandemi menjadi bukti keseriusan pemerintah atas tuntutan masyarakat terhadap pemerataan jaringan telekomunikasi dengan beberapa langkah percepatan transformasi digital."

"Yang kedua, kita mengalami tantangan terberat di adopsi teknologi. Kita secara tidak langsung dipaksa untuk memahami dan dapat menggunakan teknologi agar tidak semakin tertinggal, khususnya masyarakat di daerah terpencil,” jelasnya.

Kehadiran internet di daerah 3T bagai pedang bermata dua bagi masyarakat, bisa berdampak positif maupun negatif. 

Baca Juga: Ini Risiko yang Pengaruhi Pencapaian Inflasi Purwokerto dan Cilacap Tahun 2021

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tren Data Bocor Makin Marak, Badan Siber Perlu Penguatan

Selasa, 14 September 2021 | 18:24 WIB

Bijak Gunakan Medsos, Jangan Julid, Perhatikan Nomor 5

Minggu, 12 September 2021 | 07:58 WIB
X