Pemain Esport Capai Jutaan Orang, Potensi Pendapatan Mencapai Rp 30 Triliun

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 08:13 WIB
CEO Anantarupa Studios Ivan Chen (dua dari kanan) memberikan keterangan saat konferensi pers persiapan turnamen esport tahun 2022 di SMA 1 Semarang, Sabtu 20 Agustus 2022. (suaramerdeka.com/Siswo Ariwibowo)
CEO Anantarupa Studios Ivan Chen (dua dari kanan) memberikan keterangan saat konferensi pers persiapan turnamen esport tahun 2022 di SMA 1 Semarang, Sabtu 20 Agustus 2022. (suaramerdeka.com/Siswo Ariwibowo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Anantarupa Studios bersama Pemrov Jawa Tengah, Grab Indonesia, dan PT Melon Indonesia akan menyelenggarakan turnamen Esport Chapter Jawa Tengah 2022.

Turnamen Esport Chapter Jawa Tengah tahun 2022 akan digelar di empat wilayah, yaitu Semarang, Magelang, Tegal dan Solo.

Kabid Wasit dan Pelatih ESI Jawa Tengah, Fajar Arif Indrajaya Ssi, M Or mewakili Ketua Umum Esport Jawa Tengah, Brigjen TNI Sulaiman Ssos MH mengatakan, game online saat ini menjadi bagian dari keseharian kehidupan manusia.

Menurut Fajar, potensi pendapatan dari permainan game online esport mencapai Rp 30 triliun.

Baca Juga: Siap-siap Bahagia 8 Zodiak Ini, Bakal Dilanda Banjir Keberuntungan, Bikin Rezeki dan Cuan Melimpah

"Tidak menutup kemungkinan pendapatan dari permainan game online esport ini akan terus bertambah di tahun yang akan mendatang," kata Fajar Arif Indrajaya saat konferensi pers persiapan turnamen esport Chapter Jawa Tengah tahun 2022 di SMA 1 Semarang, Sabtu 20 Agustus 2022.

Fajar menjelaskan, hasil survei menunjukkan bahwa game online menempati peringkat pertama sebagai hiburan bagi generasi Z dibandingkan dengan media sosial, streaming video, dan menonton TV.

Selain itu, game online menjadi sarana bersosial secara virtual. Terdapat 75 persen player menggunakannya tidak hanya untuk bermain, tapi juga bertemu teman baru, meskipun tidak memainkan gim tersebut.

Baca Juga: Siap-siap Senang 6 Zodiak Ini, Bakal Banyak Dijatuhi Rezeki dan Cuan dalam Seminggu ke Depan

"Saat ini pemain game di Indonesia mencapai 118 juta orang. Sementara pemain esport mencapai 44,2 juta orang," terangnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X