Laptop dan HP Jadi Teman Dikala WFH, Awas Radiasi Sinar Biru

- Senin, 21 Juni 2021 | 21:45 WIB
Laptop. (pikiran rakyat) (Nugroho Wahyu Utomo)
Laptop. (pikiran rakyat) (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Laptop juga smartphone menjadi teman saat menjalankan kegiatan Work Form Home (WFH) selama pandemi.

Dokter spesialis kulit Sari Chairunissa Sp.KK membagikan tips mudah menjaga kesehatan kulit wajah dari bahaya radiasi “blue light” atau sinar biru yang ditimbulkan dari kedua benda tersebut.

“Pertama yang paling penting adalah gunakan perawatan wajah dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu juga mengandung bahan aktif agar efek dari blue light bisa dicegah,” kata dokter Sari secara virtual membahas bahaya sinar biru, Senin (21/6).

Baca Juga: Pembatasan Waktu Operasional kembali Dilakukan

Sebagi informasi, sinar biru berbahaya karena memancarkan gelombang yang saling bergabung dan menciptakan aneka warna lalu jika terpapar dalam jangka lama bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.

Mulai dari hilangnya kolagen yang menjaga kekenyalan kulit, bahkan menjadi salah satu terciptanya bercak hitam atau hiperpigmentasi pada pemilik kulit sawo matang seperti yang umum dimiliki orang Indonesia.

Radiasi sinar biru dalam penelitian- penelitian ilmiah terbukti cukup berbahaya untuk vitalitas kulit khususnya untuk kulit yang tidak diberi nutrisi yang cukup.

Baca Juga: Aktivis Lingkungan dan Kepala Daerah Positif Covid-19, Ganjar Ingatkan Saling Jaga Diri

Oleh karena itu, kandungan aktif seperti niacinamide dibutuhkan untuk digunakan sehari- hari di bagian wajah yang paling sering terpapar oleh sinar biru khususnya bagi para pekerja yang aktif menggunakan gawai seperti laptop dan ponsel.

Langkah kedua adalah rutin menggunakan tabir surya atau sunscreen yang memang menjadi anjuran para ahli mengatasi masalah kulit menjaga vitalitas kulit dari paparan bahan radikal bebas.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

iPhone 13 Series Resmi Dirilis, Berikut Spesifikasinya

Rabu, 15 September 2021 | 15:33 WIB

Minum Kopi Bantu Cegah Keropos Gigi

Jumat, 13 Agustus 2021 | 14:22 WIB
X