Internet 5G Bakal Dongkrak 4 Sektor Industri Ini

Red
- Senin, 21 Juni 2021 | 17:35 WIB
Jaringan internet 5G/Foto Pikiran Rakyat
Jaringan internet 5G/Foto Pikiran Rakyat

JAKARTA, suaramerdeka.com - Peneliti teknologi informasi dari Indonesia ICT Institute Heru Sutadi menilai jaringan internet generasi kelima alias 5G yang tersedia di Indonesia sejak akhir Mei, akan mendorong pertumbuhan banyak sektor, terutama empat industri.

Keempatnya yakni e-commerce, pendidikan, kesehatan, dan manufaktur. “Ini yang paling besar (terdorong),” kata Heru, seperti dikutip dari Kata Data, Senin (21/6).

Sektor e-commerce paling terdongkrak, karena sektor ini membutuhkan transaksi real-time dan data internet yang besar. Teknologi 5G bisa mengakomodasi kebutuhan ini, karena kecepatan pengiriman datanya.

Baca Juga: PPDB SMA dan SMP, Meski Daring Tetap Masih Bisa Dibantu Sekolah

Begitu juga dengan industri pendidikan. Untuk perguruan tinggi bahkan dapat memaksimalkan riset seperti terkait robot autonomous.

Industri manufaktur juga dianggap bakal terdorong 5G, karena teknologi ini menopang Internet of Things (IoT). Sedangkan IoT mendukung otomasi manufaktur, “sehingga menjadi lebih cepat," katanya.

Di sektor kesehatan, teknologi 5G memungkinkan penggunaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) secara maksimal.

Baca Juga: PPDB SMA dan SMP, Meski Daring Tetap Masih Bisa Dibantu Sekolah

Co-Founder sekaligus Managing Partner di Ideosource dan Gayo Capital Edward Ismawan Chamdani juga menyampaikan, sektor hiburan akan mendapatkan nilai tambah paling besar dari adanya 5G.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tren Data Bocor Makin Marak, Badan Siber Perlu Penguatan

Selasa, 14 September 2021 | 18:24 WIB

Bijak Gunakan Medsos, Jangan Julid, Perhatikan Nomor 5

Minggu, 12 September 2021 | 07:58 WIB
X