Sukses di Amerika, Telkom Bangun SKKL Bifrost Jakarta-Balikpapan-Manado-Amerika

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 13:40 WIB
Peta Sistem Komunikasi Kabel Laut - SKKL (Dok. Telin)
Peta Sistem Komunikasi Kabel Laut - SKKL (Dok. Telin)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Setelah sukses menggelar kabel laut ke arah Amerika Serikat pada tahun 2017, TelkomGroup melalui Telin akan menggelar Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) baru bersama konsorsium Bifrost dengan menggandeng Meta/Facebook dan Keppel.

Keberadaan pembangunan SKKL Bifrost menjadi strategis, karena akan berfungsi memperkuat 2nd Gateway International Manado.

Direktur Utama Telin Budi Satria Dharma Purba mengatakan, jalur SKKL Bifrost juga akan berfungsi sebagai diversity/redundancy titik pendaratan di mana titik pendaratan IGG dan Bifrost akan berbeda.

Selain itu, untuk memberikan dukungan ketersediaan konektivitas ke arah Ibu kota Nusantara. Rute SKKL Bifrost adalah Jakarta, Singapura, Balikpapan, Manado, Davao, Guam, California.

Baca Juga: Intip 4 Mitos Daging Kurban Saat Idul Adha, Benarkah Tidak Perlu Dicuci?

"TelkomGroup melalui Telin telah membangun 70 ribu KM SKKL, ditambah dengan kolaborasi kepemilikan di berbagai SKKL internasional lainnya mencapai lebih dari 200 ribu KM terbentang dari Indonesia, Kawasan Asia, Timur Tengah, hingga Amerika Serikat," jelas Dirut Telin Budi Satria Dharma Purba, di Jakarta, Jumat 24 Juni 2022.

Sementara itu, SVP Corporate Communication & Investor Relation PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Ahmad Reza memaparkan, Telkom menjadi operator pertama yang membangun Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang menghubungkan Indonesia/Asia Tenggara langsung ke Amerika Serikat.

Ketika itu, Telkom melalui konsorsium Kabel Laut SEA-US dan Indonesia Global Gateway (IGG) membangun SKKL sejak tahun 2014 dan selesai tahun 2017.

Baca Juga: Indodax Ambil Peran Mengedukasi, Ini Contoh Metaverse yang Berkembang Pesat

Ahmad Reza menambahkan, kabel laut IGG SEA-US ini membentang dari Singapura, Indonesia ke Amerika Serikat dan menghubungkan lima area dan teritori.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga PS4 Makin Murah, Ini Tips Agar Tak Salah Beli!

Minggu, 7 Agustus 2022 | 19:59 WIB
X