Ingin Siaran TV Digital Stabil dan Gambar Tetap Jernih? Mungkin Terganggu Lalu Lalang Pesawat dan Mobil

- Rabu, 19 Januari 2022 | 18:11 WIB
ingin siaran TV digital stabil dan tetap jernih? mungkin lalu lalang pesawat bisa jadi penyebabnya. (Instagram/@tvdigitalindonesia)
ingin siaran TV digital stabil dan tetap jernih? mungkin lalu lalang pesawat bisa jadi penyebabnya. (Instagram/@tvdigitalindonesia)

suaramerdeka.com - Sering tayangan siaran TV digital tidak stabil atau tidak jernih.

Persoalan ini bisa diatasi dengan mengecek apakah lalu lalang pesawat dan mobil bisa mengganggu tayangan siaran TV digital.

Ya, pesawat terbang yang melintas di atas rumah Anda akan lebih terasa jika Anda menggunakan antena kecil atau dalam ruangan, dan kebetulan rumahmu dekat bandara.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin - Kamis Mudah Dihafal, Teks Tulisan Arab, Latin dan Arti Bahasa Indonesia

Yang terjadi adalah sinyal televisi dipantulkan oleh pesawat dan antena kamu mulai menangkap terlalu banyak sinyal atau dikenal sebagai gangguan MULTIPATH (pantulan beragam) dan tuner televisi digital tidak mampu mengatasinya.

Meski dalam standar DVB-T2 ada perbaikan masalah multipath namun akan berpengaruh jika multipathnya terlalu banyak.

Solusinya adalah menggunakan antena luar dengan pengarah yang sangat baik atau bisa juga menggunakan antena yang dapat diputar arahnya.

Baca Juga: Set Top Box STB TV Digital Gratis dari Kominfo, Kalian Sudah Dapat?

Jangan lupa arahkan antena ke luar jalur yang sering dilewati pesawat terbang.

Selain pesawat terbang yang membuat bete, yang ini juga menyebabkan banyak gangguan yaitu mobil lewat di jalan depan rumah terutama jika kamu menggunakan antena dalam ruangan.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X