KRI Usman Harun Dimodernisasi Len Industri, Canggihnya Selevel Fregat

- Selasa, 30 November 2021 | 14:54 WIB
KRI Usman Harun (suaramerdeka.com/dok)
KRI Usman Harun (suaramerdeka.com/dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Len Industri dipercaya untuk melakukan modernisasi KRI Usman Harun (359) dengan mengupgrade combat system sehingga kemampuan operasi makin jos pada 2022.

BUMN yang berbasis di Bandung itu berkerjasama dengan Thales dalam pengerjaan program dari Kementerian Pertahanan RI atas Multi Role Light Fregat (MRLF) Bung Tomo Class itu.

Menurut Direktur Bisnis dan Kerjasama Len, Wahyu Sofiadi, ruang lingkup tahapan mid life modernization itu di antaranya adalah menginstal Combat Management System, radar pengawasan udara dan permukaan, radar kendali, dan sistem kontrol penembakan elektro-optik (eo), hingga tactical multi-purpose R-ESM system.

Baca Juga: Menangi Dua Penghargaan Sekaligus, Kim Seon Ho Putuskan Tak Hadiri Asia Artist Awards 2021

"Jadi tanpa harus membangun kapal perang dari awal, setelah proses modernisasi tersebut kecanggihan KRI Usman-Harun akan selevel dengan kapal Fregat kelas Martadinata yang baru. Program ini juga dapat memperpanjang usia beroperasinya kapal perang serta meningkatkan kemampuan TNI AL dengan biaya lebih efektif," katanya dalam keterangan yang diterima, Selasa (30/11).

Dijelaskan, combat system adalah brainware dari sebuah kapal perang. Keselarasan fungsi dan kendali antara sistem sensor dan sistem senjata di kapal perang merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan operasi di kapal perang. Peran sentral ini yang diemban oleh sebuah combat system.

Dalam pengerjaan proyek tersebut, Len akan menjadi owner atas semua detail teknis KRI Usman Harun pasca modernisasi. Dengan demikian, langkah ini bakal memudahkan kebutuhan pembaruan teknologi.

Baca Juga: Lansia Datangi Konser BTS, ARMY Terharu: Musisi Sejati Guncang Hati Tanpa Pandang Usia

Mereka juga akan memasang produknya pada proses tersebut yakni Tactical Data Link, dan Integrated Communicatin System. Tak hanya itu, mereka juga melibatkan perusahaan lokal galangan kapal dan perbaikan meriam.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk, Mengenal Profil 7 Brand Ambassador Evos Esport

Kamis, 13 Januari 2022 | 16:28 WIB
X