Ribuan Data Personel Polri Bocor, Pakar Singgung Rendahnya Awareness

- Jumat, 19 November 2021 | 10:00 WIB
Tampilan situs Polri yang diretas dan tersebarnya data personel. (suaramerdeka.com / dok)
Tampilan situs Polri yang diretas dan tersebarnya data personel. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Beberapa waktu lalu setelah serangan deface yang terjadi ke website pemerintah BSSN, kali ini giliran data personil Polri yang bocor.

Kebocoran data personel Polri ini diketahui dari salah satu unggahan akun twitter @son1x777 yang juga mendeface website BSSN.

Pakar keamanan siber Pratama Persadha menjelaskan bahwa kebocoran data personel Polri tersebut diunggah pada hari rabu siang 17 November oleh akun Twitter yang sama dengan peretas website BSSN.

Di unggahan tersebut juga diberikan link untuk menggunduh sampel hasil data yang diambil yang diduga berisi sampel database personil Polri.

Baca Juga: Shandy Aulia Ramai Disebut Pindah Agama, Berikut Profil Lengkapnya

"Dua database yang diberikan mempunyai ukuran dan isi yang sama, yakni 10.27 MB dengan nama file pertama polrileak.txt dan yang kedua polri.sql."

"Dari file tersebut berisi banyak informasi penting dari data pribadi personil kepolisian, misalkan nama, nrp, pangkat, tempat dan tanggal lahir, satker, jabatan , alamat, agama, golongan darah, suku, email, bahkan nomor telepon ini jelas berbahaya,” terang chairma lembaga riset siber CISSReC (Communication & Information System Security Research Center) ini.

Pratama mengemukakan, terdapat juga kolom data rehab putusan, rehab putusan sidang, jenis pelanggaran, rehab keterangan, id propam, hukuman selesai, tgl binlu selesai.

Kemungkinan data yang bocor ini merupakan data dari pelanggaran yang dilakukan oleh personil Polri.

Baca Juga: Geram Bertemu Riri Khasmita, Nirina Zubir: Masih Berani Tatap Mata Saya Seperti Itu?

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Google Maps Punya 3 Fitur Andalan Terbaru, Penasaran?

Rabu, 24 November 2021 | 14:41 WIB

Digital Tak Membuat Tradisi Terpental

Selasa, 12 Oktober 2021 | 16:47 WIB
X