Jepara, Babel dan Kalbar Cocok untuk PLTN

- Minggu, 6 Juni 2021 | 06:12 WIB
Djarot S Wisnubroto saat menyampaikan gagasan mengenai PLTN.(suaramerdeka.com/Agung PW) (Agung PW)
Djarot S Wisnubroto saat menyampaikan gagasan mengenai PLTN.(suaramerdeka.com/Agung PW) (Agung PW)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Tiga daerah yang pernah dan sedang dalam studi kelayakan yakni Jepara, Bangka Belitung dan Kalimantan Barat cocok untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Ketiganya memenuhi sejumlah persyaratan antara lain minim risiko gempa dan tsunami.

Peneliti Senior Badan Tenaga Nuklir Nasional-Pusat Teknologi Limbah Radioaktif, Prof Djarot S Wisnubroto mengungkapkan hal itu di sela-sela kegiatan Konferensi Internasional High Temperature Reactor Technology 2021 yang berlangsung secara virtual, kemarin.

Baca Juga: iPad Pro 2022 akan Hadir dengan Pengisian Daya Nirkabel

Indonesia menjadi tuan rumah kegiatan yang semula dijadwalkan tahun 2020 lalu.

''Tiga daerah tersebut masih layak untuk PLTN karena memang risiko bencana gempa dan tsunami kecil, masih bisa dikembangkan. Kendati demikian tergantung pemerintah dalam hal ini Presiden yang menentukan,'' papar Djarot.

Menurutnya tenaga nuklir paling aman karena sangat minimal polusi dibandingkan dengan tenaga lainnya seperti yang menggunakan bahan bakar minyak bumi.

Baca Juga: Memilih Game Online untuk Anak, Ini Tipsnya untuk Atasi Kecanduan

Terlebih, kemajuan teknologi reaktor nuklir dapat menjadi salah satu opsi dalam menghadapi tantangan perubahan iklim sekaligus mengatasi kebutuhan energi, dengan tetap mengoptimalkan aspek keamanan dan keselamatan.

Kembangkan Teknologi

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X