Memilih Game Online untuk Anak, Ini Tipsnya untuk Atasi Kecanduan

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 13:46 WIB
Ilustrasi bermain game. (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi bermain game. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Bermain game online atau gim daring sesungguhnya dapat membantu proses tumbuh kembang anak. Apalagi jika para orang tua dapat memilih gim yang tepat sesuai dengan usia sang buah hati.

Memang segala sesuatu yang diberikan kepada anak akan memiliki efek baik dan buruk, seperti halnya bermain gim daring pada gawai telepon pintar.

Apabila orang tua dapat memilih gim yang tepat maka dapat digunakan untuk melatih berbagai ilmu pengetahuan semisal belajar mengenal huruf, angka, warna, dan berbagai binatang. Bahkan gim dapat meningkatkan kreasi dan mengasah kemampuan anak.

Baca Juga: Duta PON XX Papua Ternyata Boaz Solossa, Nagita-Raffi Hanya Ikon

Namun demikian, akibat buruk dari gim juga dapat terjadi seperti ketika anak mulai mengalami kecanduan bermain gim lewat gawainya.

Keadaan seperti ini tentu menjadi hal dilematis bagi sebagian orang tua, apakah mereka harus memberikan gawai mereka untuk anak bermain gim, atau melarang sama sekali.

Orang tua harus dapat membatasi waktu anak dalam bermain meski gim yang dimainkan sifatnya edukatif.

Pada kenyataannya, hal seperti itu menjadi tantangan baru bagi orang tua yang terlanjur membiarkan anak untuk bermain gim lebih lama.

Baca Juga: Pembatalan Pemberangkatan Haji Sudah Dilakukan Melalui Kajian Mendalam

Terlebih jika anak sudah terpengaruh dengan berbagai gim daring yang memilki opsi pembelian item tertentu untuk mendongkrak permainan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kelebihan Membeli Smartphone Secara Online

Sabtu, 3 Juli 2021 | 09:46 WIB
X