Perlindungan Data Pribadi, Kuncinya Ada pada Pemilik

- Sabtu, 5 Juni 2021 | 12:15 WIB
Data Personal (Ilustrasi Pikiran Rakyat)
Data Personal (Ilustrasi Pikiran Rakyat)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Direktur Informasi Polhukam Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Bambang Gunawan mengatakan masyarakat sebenarnya bisa mengantisipasi penyalahgunaan data pribadi dengan beragam cara.

Bambang mengatakan salah satu kunci pelindungan data pribadi sebenarnya ada pada pemilik data pribadi itu sendiri.

Tentunya, penyalagunaan data bisa diantisipasi dengan tidak membagikan informasi pribadi kepada sembarangan pihak. Ini tiga langkah antisipatif untuk melindungi data pribadi.

Baca Juga: Kartu Prakerja Dongkrak Wirausahawan Naik 13 Persen, Ini Penjelasan Airlangga

“Masyarakat bisa mengantisipasi penyalahgunaan data pribadi dengan beragam cara. Tentunya, penyalagunaan data bisa kita antisipasi sebetulnya dengan tidak membagikan informasi pribadi kita kepada sembarangan pihak,” kata Bambang dalam Webinar Virtual bertajuk “Cermat dan Kritis Melindungi Data Pribadi di Ruang Siber” dari Tangerang Selatan pada Kamis (3/6).

Direktur Informasi dan Komunikasi Polhukam itu mengungkapkan langkah-langkah antisipatif untuk melindungi data pribadi yang bisa dilakukan setiap orang.

“Pertama, tidak membagikan informasi pribadi kepada sembarang pihak. Kedua, abaikan tautan yang mencurigakan dan hanya gunakan perangkat lunak yang asli. Ketiga, lakukan penggantian kata sandi (password) serta backup data penting secara rutin,” tuturnya.

Baca Juga: Anggota KPK Ungkap Perjuangan Menolak TWK, Begini Kisahnya

Menurut Bambang, apabila masyarakat ingin membagikan data-data kepada orang lain sebaiknya mau meluangkan waktu lebih banyak dan berpikir lebih mendalam sebelum mengambil keputusan untuk membagikan data pribadinya.

“Tidak semua orang kita bagikan gitu kan, kadang-kadang juga tanpa disadari kita memasukkan nomor handphone kita, nah ternyata handphone kita digunakan oleh orang lain untuk menawarkan produk-produk tanpa kita ketahui dapat dari mana padahal sebetulnya dari kita sendiri,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Internet 5G Bakal Dongkrak 4 Sektor Industri Ini

Senin, 21 Juni 2021 | 17:35 WIB
X