Indosat Ooredoo Siap-siap Menyusul Telkomsel Hadirkan Layanan 5G di Indonesia

DTC
- Jumat, 4 Juni 2021 | 14:52 WIB
Foto: Indosat
Foto: Indosat

JAKARTA, suaramerdeka.com - Indosat Ooredoo sedang bersiap-siap menyusul Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan 5G di Tanah Air.

Senior Vice President Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang mengatakan bahwa Indosat mengaku pihaknya sudah siap memberikan layanan 5G.

Hal itu ditandai dengan telah diajukannya Uji Laik Operasi (ULO) 5G Indosat Ooredoo ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baca Juga: COVID-19 Varian Delta Muncul di Australia, Jadi Penyebab Kehancuran di IndiaSaat ini, operator seluler yang identik warna kuning merah ini menunggu proses pengujian jaringan 5G.

"Kalau pengajuannya sudah disampaikan sejak Mei 2021, untuk pelaksanaan ULO-nya akan saya konfirmasi kembali," ujarnya Kamis, 3 Juni 2021.

Sebagai informasi, tahapan ULO merupakan hal yang penting sebelum digelarnya teknologi baru, termasuk 5G.

Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, operator seluler melakukan ULO terlebih dahulu sebelum menghadirkan teknologi terbaru ke publik secara komersial.

Baca Juga: Kemenag Mantapkan Grand Desain Pengembangan PTKI dan Implementasikan Kampus Merdeka

Setelah mengajukan ULO dan menguji 5G tersebut, Indosat Ooredoo berpotensi jadi operator seluler selanjutnya yang meresmikan layanan 5G secara komersial di Indonesia usai mengantongi Surat Kerterangan Laik Operasi (SKLO) dari Kominfo.

Saat ditanya, kapan pastinya 5G Indosat Ooredoo meluncur ke pasar? Steve mengatakan bahwa kemungkinan komersialisasi 5G dari Indosat Ooredoo bisa saja dilakukan dalam waktu dekat.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Logo Baru Telkomsel Terinspirasi Pola Batik

Senin, 12 Juli 2021 | 15:12 WIB

Satria Lengkapi Konektivitas Digital Nasional

Rabu, 7 Juli 2021 | 18:30 WIB

Mata Sakit karena Cahaya Lampu? Inilah Solusinya

Senin, 26 Oktober 2020 | 18:11 WIB

MediaTek Luncurkan Platform Edge AI i350

Kamis, 22 Oktober 2020 | 14:56 WIB
X