Saatnya Lembaga Penyiaran Gencarkan Sosialisasi Migrasi TV Digital

- Selasa, 9 November 2021 | 07:30 WIB
Suasana pertunjukan virtual kesenian rakyat daerah Sumatera Utara di TVRI Sumatera Utara, 5 Oktober 2021. (Tim Komunikasi Publik dan Edukasi Migrasi TV Digital / Frederick Octavianus)
Suasana pertunjukan virtual kesenian rakyat daerah Sumatera Utara di TVRI Sumatera Utara, 5 Oktober 2021. (Tim Komunikasi Publik dan Edukasi Migrasi TV Digital / Frederick Octavianus)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pengakhiran siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) ke TV digital semakin dekat.

Sekalipun 2 November 2022 batas akhirnya, proses penghentian siaran TV analog menuju siaran TV digital, tahap pertama terjadwal lebih awal, yaitu 30 April 2022, kemudian, tahap kedua 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga/ terakhir di tanggal tersebut di atas.

Pada tahap pertama, ada 56 wilayah layanan meliputi 166 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang ASO menuju ke TV digital.

Hampir separuh wilayah Indonesia, memasuki era baru penyiaran televisi, mulai migrasi ke TV digital pada 30 April 2022.

Baca Juga: Perbaikan Jalan Rusak di Blora Butuh Rp 300 Miliar, Panjang Capai 439,45 Km

Tahap pertama ASO merupakan kesempatan baik bagi lembaga penyiaran mempromosikan peralihan programnya ke sistem TV digital.

Promosi yang gencar jadi cara mempertahankan penonton setia masing-masing lembaga penyiaran tersebut.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ismail dalam dialog interaktif di stasiun televisi swasta awal September 2021.

“Kami mendorong agar lembaga penyiaran menyiarkan tayangan unggulan di TV digital dan tidak disiarkan di siaran TV analog. Misalnya tayangan siaran langsung acara sepak bola, atau olahraga yang penting hanya disiarkan secara digital."

Baca Juga: Ormas Expo 2021: Berdiri 1928, PCNU Kota Semarang Jadi Cabang Awal Terbentuk di Jateng

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lekas! Klaim Kode Redeem FF Anda, Ada 19 yang Terbaru

Minggu, 23 Januari 2022 | 16:06 WIB
X