Prosesnya Tak Mudah, Insinerator Ini Bisa Penuhi SNI, Siap Diandalkan Kelola Sampah

- Jumat, 5 November 2021 | 09:36 WIB
StungtaXPindad Smokeless Incinerator menjadi insinerator pertama yang mendapatkan SNI. (suaramerdeka.com / Humas Jabar)
StungtaXPindad Smokeless Incinerator menjadi insinerator pertama yang mendapatkan SNI. (suaramerdeka.com / Humas Jabar)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengapresiasi langkah produsen insinerator yang mau menjalani tantangan mendapatkan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Produk bernama StungtaXPindad Smokeless Incinerator itu menjadi insinerator pertama yang mendapatkan standar tersebut bersama satu industri lainnya.

"Mereka binaan kami, yang berhasil meraih SNI Insinerator. Dengan adanya industri yang menerapkan SNI, permasalahan lingkungan diharapkan dapat teratasi dengan mengedepankan teknologi inovasi yang ramah lingkungan,” kata Sekretaris Utama BSN, Nasrudin Irawan di Bandung, Kamis (4/11).

Lebih dari itu, dia berharap dengan penerapan standar tersebut pengelolaan sampah di Tanah Air dapat terkelola dengan baik karena adanya solusi masalah sampah dan limbah tanpa menimbulkan efek negatif.

Baca Juga: Rintik Hujan Warnai Pemakaman Vanessa Angel, Satu Liang Lahat dengan Suami

Selain Hejotekno, pihaknya mencatat terdapat satu industri lain yang telah menerapkan SNI insinerator.

Untuk itu, Nasrudin mendorong pelaku usaha lain untuk dapat menerapkan SNI insinerator guna menjadikan Indonesia sehat dan bersih.

Di tempat yang sama, Dirut Hejotekno, Betha Kurniawan menyebut proses mendapatkan SNI cukup memberikan tantangan tersendiri.

“Karena ini adalah SNI pertama di Indonesia untuk insinerator, menjadi tantangan mengingat tidak ada sampling atau contoh maupun parameter untuk kami dapat melihat apa yang dilakukan sebelumnya,” katanya.

Baca Juga: Upaya Barcelona Datangkan Xavi Masih Buntu, Al Sadd Enggan Melepas

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X