Len Industri Terus Kembangkan Radar GCI, Andalkan Komponen dan Teknologi Mandiri

- Rabu, 3 November 2021 | 10:22 WIB
Uji coba Radar GCI. (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)
Uji coba Radar GCI. (suaramerdeka.com/Setiady Dwi)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Direktur Utama Len Industri, Bobby Rasyidin menyatakan bahwa pihaknya masih terus melakukan pengembangan Radar Ground Controlled Interception (GCI) Konsorsium Balitbang Kemhan.

"Radar ini hampir seluruh komponen dan teknologinya dikembangkan secara mandiri di dalam negeri, sehingga ke depan dapat membangun ekosistem industri pertahanan di dalam negeri," jelasnya dalam keterangan yang diterima, kemarin.

Radar tersebut merupakan bagian dari program C4ISR (Command, Control, Communication, Computer, Intelligence, Surveillance, and Reconnaissance) yang memang jadi fokus Len sebagai holding BUMN Industri pertahanan.

Baca Juga: TV Digital Untungkan Masyarakat

Selain Len, konsorsium pembangunan radar tersebut terdiri dari Balitbang Kemhan, LAPI ITB, Radar Telekomunikasi Indonesia , dan Infoglobal Teknologi Semesta. Langkah ini merupakan program jangka panjang.

Radar GCI sendiri dilengkapi dengan command and control pada saat beroperasi sehingga memungkinkan memberikan pengarahan dan pengawalan terhadap pesawat tempur dalam melakukan intercept.

"Radar GCI dapat digunakan untuk mengamankan seluruh wilayah udara NKRI," katanya.

Baca Juga: Peralihan ke TV Digital, Ini 4 Langkah yang Dipersiapkan Pemerintah

Di luar itu, dukungan sistem integrasi alutsista yang dikenal sebagai konsep terintegrasi C4ISR itu memiliki peran penting untuk membangun Network Centric Warfare (NCW), peperangan yang menuntut konektivitas jaringan komunikasi dan data secara realtime, dalam doktrin peperangan modern.

"Sentuhan paling mutakhir adalah network centric warfare yang merupakan teknologi pertahanan masa depan. Antara lain melalui radar system, tactical data link, combat management system, air platform mission system, hingga weapon automatic system," jelasnya.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Sembunyikan Status Online GB WhatsApp

Jumat, 2 Desember 2022 | 10:36 WIB

Daftar Aplikasi Nonton Anime Sub Indo Terbaik

Kamis, 1 Desember 2022 | 22:13 WIB
X