Tren Data Bocor Makin Marak, Badan Siber Perlu Penguatan

- Selasa, 14 September 2021 | 18:24 WIB
Peretasan data/Ilustrasi Tasimalaya Pikiran Rakyat
Peretasan data/Ilustrasi Tasimalaya Pikiran Rakyat

BANDUNG, suaramerdeka.com - Menyusul tren kebocoran data yang berlanjut, termuktakhir disebut-sebut menimpa sedikitnya sepuluh kementerian dan lembaga, penguatan kelembagaan terutama yang mengurusi persoalan siber harus dilakukan.

"Itu kan tak sekadar bocor tapi ada peretasan, tapi kan BSSN tak bisa respon jauh, cenderung tak digubris malah," kata pengamat politik dan keamanan Unpad, Muradi pada Webinar Kebocoran Data dan Urgensi Omnibuslaw Elektronik besutan Indonesian Politics Research & Consulting & HMPS Ilmu Politik Unpad, Selasa September 2021

Menurut dia, dengan hanya bermodal Perpres, lembaga tersebut memang cenderung tak bertaji.

Padahal, kewenangannya tak main-main di antaranya mengurusi ancaman seperti peretasan, kebocoran data, hoaks massif, transaksi ilegal, serangan siber, hingga pencurian data.

Gurur Besar Unpad itu tak menampik bahwa ancaman-ancaman tersebut memang sudah mempunyai pendekatan terutama dari sisi perundangan.

Hanya saja, dia menilai perlu dibangun tak kelola politik yang lebih bagus sehingga tercipta sinergitas dan pemberdayaan peran BSSN.

Baca Juga: Kualitas Menurun, Bupati Ingatkan Petani: Tembakau Asli Jangan Dicampur

"Problematika tata kelola ini agak dilema. BSSN berdiri di mana posisinya? Ini kan sebenarnya BNPT-nya siber, koordinator, tim pembuat kebijakan dan bagaimana terlibat hit n run dalam tata kelola praktis. Di antaranya persoalan perasaan dalam melindungi dan menjaga dignity data yang belum sama," jelasnya.

Dia kemudian mencontohkan keberadaan sejumlah perundangan seperti ITE, pencucian uang, pendanaan terorisme, hingga bak cipta yang cenderung memberikan posisi sulit bagi BSSN.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tren Data Bocor Makin Marak, Badan Siber Perlu Penguatan

Selasa, 14 September 2021 | 18:24 WIB

Bijak Gunakan Medsos, Jangan Julid, Perhatikan Nomor 5

Minggu, 12 September 2021 | 07:58 WIB

Internet 5G Bakal Dongkrak 4 Sektor Industri Ini

Senin, 21 Juni 2021 | 17:35 WIB
X