• KANAL BERITA

Timnas Basket Butuh Dukungan Masyarakat

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pebasket Indonesia, Daniel Timothy Wenas mengatakan, tim basket Merah Putih butuh dukungan masyarakat kala bertanding pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Support diperlukan agar pemain bisa bersemangat ketika menghadapi lawan yang memiliki kualitas dan postur lebih tinggi.

Sejauh ini, pemain basket yang posturnya menjulang berasal dari Asia Tengah atau negara pecahan Uni Soviet. Selain itu, tim China juga perlu diwaspadai. "Pertandingan-pertandingan ke depannya jelas sangat prestisius dan membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. Siapapun yang datang dan bertanding, tetap perlu diwaspadai peta kekuatan mereka,” kata Daniel.

Saat ini, pemain yang berposisi guard tersebut tak bisa bergabung rekan-rekannya  menjalani pemusatan latihan, termasuk training center (TC) di Amerika Serikat pada Juni ini. Daniel harus menepi untuk pemulihan cedera. “Saat ini saya sedang proses pemulihan, tapi terus kasih semangat ke teman-teman yang akan berangkat ke Amerika untuk seleksi,” jelas Daniel.

Sebanyak 24 pemain dipanggil mengikuti seleksi pelatnas. Selain untuk Asian Games, mereka juga bersaing untuk mendapatkan tempat di timnas proyeksi SEA Games 2019 Filipina. “Seleksi yang dilakukan berdasarkan performa terbaik dan setahu saya kemungkinan 24 pemain yang terpilih dalam pelatihan nasional ini, selain akan bertanding di Asian Games 2018, juga akan kembali menjadi pemain timnas di SEA Games mendatang,” ujarnya.

Meski dihantam cedera, Daniel tetap men-support rekan-rekannya yang sedang melakoni pelatnas. Dia berharap semua atlet dapat membawa nama baik nama bangsa. “Kita sebagai masyarakat bisa menjadi tuan rumah yang baik, bisa menunjukkan kalau Indonesia memang berkapasitas untuk mengadakan Asian Games atau event terbesar di Asia,” tandasnya.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)