• KANAL BERITA

40 Hari Latihan di Bulgaria, Kualitas Pegulat Indonesia Maju Pesat

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Para pegulat pelatnas Indonesia telah berada di Bulgaria hampir 40 hari. Mereka melakoni latihan sebagai persiapan menuju Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Menurut pelatih timnas gulat Indonesia, Buyamin, perkembangan para atlet selama di Benua Biru cukup signifikan. "Suasana latihan sangat baik, semua saling mendukung. Komunikasi kami dengan para pegulat Bulgaria juga baik," ungkap Buyamin, Senin (28/5).

Buyamin dibantu pelatih asal Uzbekistan, Edem Abduraimov, menangani enam pegulat gaya grego. Para atlet yang dilatih, yaitu Hasan Sidik (59 kg), M Aliansyah (66 kg), Andika Sulaeman (75 kg), Lulut Gilang Saputra (85 kg), Ashar Ramadhani (98 kg), dan Papang Ramadhani (130 kg). "Untuk gaya grego roman ini, setiap hari makin banyak para pegulat Bulgaria yang datang ke National Wrestling Centre di Sofia untuk sparring-partner," jelasnya.

Menurut Buyamin, para pegulat gaya grego roman menunjukkan kemajuan yang mengesankan. Salah satu yang memiliki kualitas adalah M Aliansyah. Dia disebut-sebut mampu merebut satu medali emas dari grego. "Saya kira anak-anak maju pesat ya," tuturnya.

Bulgaria termasuk salah satu barometer kekuatan gulat di Eropa. Cabang gulat menjadi olahraga favorit di negara itu. Bahkan, banyak anak kecil yang sudah mulai menekuni olahraga beladiri ini. Pelatih Bulgaria, bahkan sering membawa anaknya ke pemusatan latihan untuk diperkenalkan gulat. "Sebesar ini sudah diajak berlatih gulat oleh orangtuanya," ujar Buyamin sambil menunjukkan dua atlet cilik Cassandra Casanov dan Yurico Casanov.


(Arif M Iqbal /CN26/SM Network)