• KANAL BERITA

Jemput Timnas Panjat Tebing, Menpora Optimistis Torehan Lebih Baik di Asian Games 2018

FOTO BERSAMA: Menpora Imam Nahrawi berfoto bersama Timnas Panjat Tebing yang baru datang dari China di Bandara Soekarno Hatta. (suaramerdeka.com / dok)
FOTO BERSAMA: Menpora Imam Nahrawi berfoto bersama Timnas Panjat Tebing yang baru datang dari China di Bandara Soekarno Hatta. (suaramerdeka.com / dok)

TANGERANG, suaramerdeka.com -  Timnas Panjat Tebing Indonesia yang baru saja meraih hasil sukses dalam seri kejuaraan internasional IFSC World Cup 2018, mendapat sambutan terhormat saat tiba di Terminal 3, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (16/5) sore. Menpora Imam Nahrawi memimpin proses penjemputan Timnas yang baru datang dari China itu.

Dalam tiga seri IFSC World Cup 2018 yang menjadi rangkaian ujicoba menghadapi Asian Games 2018, yakni di Rusia (21-22 April), Chongqing (5-6 Mei) dan Tai'an, (12-13 Mei), Timnas Indonesia sukses mendulang satu emas, tiga perak dan tiga perunggu. Raihan emas, perak dan perunggu dari nomor speed ini membuat Indonesia berhasil menembus deretan elit panjat tebing dunia.

"Semua cabor yang saat ini try out dan mendapatkan hasil (medali) adalah bagian dari try out menuju Asian Games, semua yang mereka lakukan ujungnya nanti Asian Games Agustus mendatang Kita memberikan support kepada mereka, ya dengan cara saya datang menjemput, mendengarkan curahan hati mereka menampung keluh kesah dan sebagainya, saya terus mendoakan semoga tetap dalam kondisi prima sampai Asian Games Agustus mendatang, saya juga meminta kepada federasi panjat tebing (FTPI) untuk bertahan atau bahkan lebih," ujar Menpora saat menjemput Timnas yang transit di Cengkareng sebelum kembali ke tempat Pelatnas di Yogyakarta.

Menpora optimistis para atlet panjat tebing bisa lebih baik dan lebih semangat di Asian Games 2018. Sebab, hasil di turnamen internasional belum lama ini menunjukkan atlet Indonesia memiliki prestasi tingkat dunia, sekaligus lebih baik di banding atlet-atlet dari negara Asia lain yang akan menjadi pesaing di Asian Games.

Bersama Menpora, sejumlah pejabat turut mendampingi penjemputan. Di antaranya Deputi Bidang Pembudayaan Olahraha Raden Isnanta, Asdep Pengelolaan Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo, Asdep Olahraga Prestasi Chandra Bhakti dan Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) yang juga anggota DPR RI Komisi XI, Faisol Riza. Selain pengalungan bunga, acara penyambutan juga diwarnai dengan pemotongan kue syukuran dengan angka 133 yang menunjukkan raihan medali.

Peraih emas di kejuaraan IFSC World Cup 2018 di Chongqing, China, Aries Susanti Rahayu bangga bisa merebut emas di kejuaraan dunia, sekaligus berharap bisa meraih hasil maksimal di Asian Games 2018. Menurut dia, kekuatan timnas panjat tebing Indonesia saat ini merata terbukti banyak atlet Indonesia yang masuk final.

Latihan keras yang diberikan pelatih membuat para atlet memiliki kepercayaan diri mengikuti beberapa kejuaraan panjat tebing dunia. "Kita sudah dilatih dengan menu latihan yang sudah kelas dunia jadi saya dan tim yakin bisa juara dunia," ucap gads berjilbab asal Grobogan, Jawa Tengah ini.

Menghadapi Asian Games 2018, ia dan tim berjanji akan terus latihan dengan benar dan keras. "Kita dan tim terus mempersiapkan diri untuk Asian Games dengan terus berusaha menampilkan yang terbaik dari sebelumnya, saat ini kita fokus untuk Asian Games beberapa even dunia yang ada sebelum Asian Games kita tidak ikuti," kata Aries.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)