• KANAL BERITA

Hankook Tingkatkan Keterlibatannya di Kancah Motorsport Internasional

Masuki Musim Kedelapan bersama DTM

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JERMAN, suaramerdeka.com - Hankook dan DTM telah memulai musim kedelapan mereka di Hockenheim dari tanggal 4 hingga 6 Mei. Sejak 2011, produsen ban premium ini telah menjadi mitra eksklusif untuk sponsor  ban pada International Touring Car Series yang dapat dibilang paling populer, Hankook memasok produk mereka, yaitu Hankook Ventus Race generasi keempat sejak awal musim lalu.

Pengurangan jumlah downforce aerodinamis yang dihasilkan oleh mobil-mobil DTM membuat ban balap Hankook, diharuskan untuk memberikan grip yang lebih mekanis, bahkan menjadi yang terpenting pada musim ini. Pengubahan peraturan teknis dimaksudkan untuk membuat DTM 2018 menjadi lebih menarik dan tidak dapat diprediksi. Komponen aerodinamis pada bagian eksterior mobil telah dipangkas dan elemen mekanis pada sasis pun telah selesai dirancang.

Hal ini mengurangi downforce aerodinamis sekitar sepertiga, menghasilkan lebih sedikit gesekan ban, tergantung pada lintasan balap dan tingkat kecepatan tertinggi sebelumnya. Ini, bergantung pada kemampuan pengemudi, yang harus mengambil keuntungan penuh dari tingkat grip tinggi yang dihasilkan oleh ban balap Hankook.

Chief DTM Engineer Hankook, Thomas Baltes menuturkan, para tim melakukan tes di Hockenheim untuk mengeksplorasi setiap opsi, mulai dari camber dan tekanan udara hingga pengaturan suspensi di mobil, untuk menemukan pengaturan ideal untuk mobil dan ban balap Hankook. Penurunan tekanan berarti  kekuatan yang mempengaruhi konstruksi ban lebih rendah dari musim lalu, ketika peraturan teknis lama masih berlaku.

"Berarti pengurangan jumlah downforce aerodinamis yang dihasilkan mengharuskan pengemudi dan tim dapat, dan benar-benar, mendorong diri mereka sendiri mendekati batas kemampuan mereka agar ban Hankook Ventus Race dapat bekerja dan mengkompensasi kurangnya performa kendaraan. Sehingga, salah satu hal yang akan mereka coba adalah mengemudi dengan lebih sedikit tekanan udara pada ban dibandingkan tahun lalu. Secara keseluruhan, jarak waktu pengaturan lebih besar tahun ini. Selain itu, Para pembalap DTM tidak akan dapat menggunakan seratus persen dari apa yang mereka pelajari tentang ban Hankook pada tahun 2017 lalu. Ini akan membuat musim 2018 menjadi lebih menarik. Menjadi terbuka lebar, dan itulah yang ingin dilihat oleh para penggemar," kata dia.

Begitu pula dengan DTM, tahun ini kami juga mengamati FIA Formula 3 European Championship, Audi Sport Seyffarth R8 LMS Cup dan Supercar Cahallenge yang didukung oleh Hankook, yang diadakan sebagai seri dukungan pada balapan DTM akhir pekan, balapan menggunakan ban Hankook.

Hankook Motorsport Director Europe, Manfred Sandbichler menyebut pihaknya, sangat menyambut baik banyaknya seri balap yang berbeda pada program DTM, serta sirkuit internasional di Misano (Italia) dan Brands Hatch (Inggris), yang baru atau kembali hadir pada kalender balap musim ini. Hal ini memungkinkan kami untuk menjangkau lebih banyak penggemar dan penonton di seluruh Eropa, yang mengemari motorsport.

"Kenyataannya bahwa hampir semua seri pada program dukungan DTM akan berlomba dengan menggunakan ban kami berbicara banyak untuk kualitas dan fleksibilitas dari produk berperforma tinggi yang disediakan oleh Hankook. Ini juga menunjukkan bahwa hasil kerja dan investasi kami dalam penelitian dan pengembangan terus memberikan keuntungan," kata dia.


(Andika Primasiwi/CN26/SM Network)